Bagaimana Cara Menghindari Tersambar Petir?

petir-kilat

Petir menyebabkan lebih banyak korban setiap tahunnya di berbagai negara daripada fenomena terkait badai lain kecuali banjir. Tidak ada tempat yang benar-benar aman dari petir. Namun, beberapa tempat  lebih berbahaya daripada yang lain. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan persiapkan sehingga terkena sambaran petir dapat dihindari, khususnya manakala anda di ruang yang terbuka dan anda dapat melihat adanya kilatan petir,  antara lain sebagai berikut:

1. Suara guntur yang keras dan sering menunjukkan bahwa adanya aktivitas petir dalam radius yang dekat

Jika Anda dapat melihat petir dan / atau mendengar guntur, Anda berada pada sebuah risiko. Angin yang kencang, curah hujan, dan awan yang menutupi sering berperan sebagai cikal bakal sambaran yang sesungguhnya dari awan-ke-darat. Petir umumnya bergerak dari barat ke timur dan terjadi di akhir hari atau di malam hari ketika kelembaban tertinggi.

2. Ketika Anda melihat kilat, hitung jumlah detik sampai guntur terdengar dan kemudian bagi dengan lima.

Ini akan mengindikasikan seberapa jauh badai tersebut dari Anda dalam mil. (Suara bergerak dengan kecepatan 1.100 kaki per detik.)

3. Jika keterlambatan waktu antara melihat kilat (petir) dan mendengar dentuman (guntur) adalah kurang dari tiga puluh detik, cari lokasi yang lebih aman secepatnya

  • Hindari tempat-tempat yang tinggi, lapangan-lapangan terbuka. Jika anda di daerah yang terbuka, jangan berlutut dengan tangan Anda di tanah dan kepala Anda rendah. Jika Anda sedang berada di pendakian , duduklah di atas batu atau peralatan bukan logam. Ikat tali di sekitar pergelangan kaki Anda; ini akan menjadi jangkar Anda jika sambaran terjadi
    dan Anda terhempas dari keseimbangan.
  • Hindari pohon yang terisolir, gazebo yang tidak terlindungi, tempat  piknik dan hujan
  • Hindari tanah galian, menara komunikasi, tiang bendera, tiang lampu, bangku-bangku logam dan kayu, serta pagar logam. Jika Anda berkemah, hindarilah tenda jika itu adalah di daerah terbuka atau di bawah sebuah pohon yang besar
  • Hindari daerah yang berair, seperti kolam renang, laut, dan sungai

mitos-petir

4. Jika banyak kilat yang terjadi, tunggulah hingga reda sebelum anda melanjutkan perjalanan

Ancaman petir umumnya berkurang  seiring dengan waktu setelah suara terakhir dari guntur, tetapi dapat saja terjadi selama lebih dari 30 menit setelah itu. Ketika badai petir berada dalam sebuah wilayah tetapi tidak berada tepat di atas kepala kita, ancaman petir bisa saja masih ada bahkan saat cerah, saat hujan mulai  reda, atau ketika langit cerah mulai terlihat.

Perlu Anda ketahui:

  • Bangunan tertutup yang besar cenderung jauh lebih aman daripada yang lebih kecil  atau struktur bangunan yang terbuka. Resiko cedera akibat terkena samabaran petir tergantung pada apakah struktur tersebut dilengkapi dengan proteksi terhadap petir, bahan konstruksi yang digunakan, dan ukuran struktur bangunan.
  • Kendaraan logam tertutup sepenuhnya seperti mobil, truk, bus, van, dan kendaraan pertanian yang tertutup sepenuhnya dengan kaca jendela tertutup memberikan perlindungan yang baik dari petir. Hindari melakukan kontak dengan logam atau  permukaan luar atau di dalam kendaraan yang berbahan logam.
  • Ketika di dalam rumah, hindari kontak dengan permukaan yang konduktif dengan paparan luar rumah, termasuk kamar mandi, wastafel, perlengkapan pipa, dan pintu logam serta bingkai jendela.
  • Hindari  kabel listrik, dan  perangkat listrik berkabel, termasuk telepon, komputer, dan televisi (terutama TV kabel).

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

One thought on “Bagaimana Cara Menghindari Tersambar Petir?

  1. Penangkal Petir

    Iya benar bangunan terbuka sangat berpeluang tersambar petir.
    Jadi hati hati bagi area di tempat terbuka, gunakan penangkal petir sebagai proteksi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s