Ciri-ciri Berlian Mentah

Berlian Rough Berlian MentahBerlian mentah atau biasanya dikenal dengan berlian kasar, ialah batu berlian atau intan yang belum melalui proses Cutting. Sebelumnya, pembahasan mengenai berlian sudah saya bahas di artikel terdahulu, baik itu ciri-ciri berlian, proses terbentuknya berlian, berlian terbesar di dunia, jenis berlian sintesis maupun cara memotong berlian. Berikut ini gambar-gambar berlian mentah atau biasa disebut dengan berlian kasar :

Artikel lainnya terkait dengan batu Berlian/Intan :

Berlian kasar yang telah melalui pemisahan dari dalam batu :

Berlian mentah

Berlian Mentah Jernih

Berlian mentah kecil

Berlian mentah cerah

Berlian mentah sebelum cutting

Berlian Mentah Rough

Berlian mentah kotak

Berlian mentah kasar

Berlian mentah gelap

Berlian mentah 67 karat

next

Advertisements

66 thoughts on “Ciri-ciri Berlian Mentah

  1. thaniahermawan

    saya ada beberapa jenis batu berlian dan batu mutiara air laut dll, ke aslian sudah d cek ,dan mau d jual,bila ada yg minat d inbok aja,”thanks”

    Reply
  2. harianto

    Saya dpt batu waktu penggalian tambang,apakaH itu berlian?
    Batu trsbt warna putih setelah di pecahkan didalamx d dapatkan warna putih mengkilat mirip berlian.gmn cara mmstikan barang tsbt

    Reply
    1. Little Light Post author

      Pertama-tama seberapa besarkah ukuran batu mentah itu? jika terlalu besar kemungkinan bukan berlian, karena berlian berukuran besar terbilang jarang. Apakah batu tersebut menunjukan bentuk isometrik atau tidak? karena berlian mentah rata-rata berbentuk isometrik. Kemudian pecahannya itu juga harus anda pahami, artikel tentang berlian bisa anda lihat juga di artikel kami yang lainnya.

      Jika Anda benar-benar yakin bahwa Anda menemukan berlian, Anda bisa mengetesnya dengan diamond portable tester ( harganya bervariasi dan terjangkau). Berlian juga tahan panas.

      Selanjutnya Anda bisa mengecek dengan menggesekan batu Anda dengan kaca, berlian lebih keras dari pada kaca…jika batu Anda patah, retak, pecah berarti bukan berlian. Berlian asli tidak tergores oleh safir atau rubi apalagi kaca. Langkah terakhir gesekkan batu anda dengan kristal korundum, jika kristal tersebut tergores, kemungkinan besar Anda menemukan berlian, karena korundum hanya tergores oleh berlian.Tapi sayang sekali jika batu safir atau rubi Anda tergores kan.

      Tes gores, tes ketahanan panas, tes kekuatan batu sangat tidak di sarankan jika Anda tidak yakin bahwa batu milik Anda bukanlah berlian. Sayang sekali jika batu indah milik Anda tergores atau rusak. Saran termudahnya, ialah anda membeli diamond portable tester atau mengecek di toko berlian terpercaya.

      https://lampukecil.com/2014/01/06/material-apakah-yang-terkeras-di-bumi/

      Reply
    2. Abdul aziz

      Sy mo tny., sy pny batu warna’a putih., tp d’dlm’a klu da retakan warna’a berkilau., sy mau tny batu pa yg sy pny.,

      Reply
  3. Mohd Khairul Nizam Hisyam

    Saya ada terjumpa batu putih.
    Tapi saya tak tahu adakah itu berlian?
    Sabab dia berwarna jerni

    Reply
    1. Little Light Post author

      Coba di check terlebih dahulu Hisyam, siapa tahu itu batu yang bernilai. Apalagi cincin batu sekarang sedang booming dan ada yang harganya sangat mahal.

      Reply
  4. Hikazi

    Saya punya batu warnanya putih susu dan ada serat2 kuning disekitar nya, tp batu tersebut ditumbuhi puluhan sejenis kristal yang runcing hanya masih kecil2 .
    Saya mendapat kan nya sewaktu ayah saya prgi ketambang mas.
    Sya mau tanya apa itu jenis batu intan?

    Reply
    1. Little Light Post author

      Wah sepertinya batu tersebut indah ya. Mungkin pengunjung yang lain ada yang bisa membantu mengenai ini, karena kami bukan ahli perbatuan begitu, hanya berbagi materi batu berlian secara umum.

      Reply
  5. Ahdiendk Didendk

    Sy punya batu dapat didalam bongkahan batubesar yg bentuknya runcing seperti prisma..batu apa yah punya sy ini ??

    Reply
  6. azwan1979

    Saya punya batu butiran sebesar biji jeruk bnyak krna batu tsb kluar dr dlm tanah setiap hari sbnyak satu gengam ank kcil mengkilat mirip intan tp aku g tau dan blm jlad dan kmna arah tempat priksa dan saya ga tau batu apa itu

    Reply
  7. Mas iddi

    Saya punya beberapa jenis batu yang saya yakini sebagai berlian akan tetapi ada yang sudah keras dan ada yang masih renyah,apakah ada obat khusus yang bisa memperkeras batuan tersebut? mohon informasinya.terima kasih.

    Reply
    1. Little Light Post author

      Kalau obat untuk mengeraskan batu yang sepertinya berlian saya belum pernah dengar tuh mas, menurut saya sih tidak ada karena berlian terbentuk secara alami dengan membutuhkan kondisi yang spesifik.

      Reply
  8. Na Warni

    Saya punya banyak batu dikampung di dapat dari pegunungan kalau dipakai untuk mengiris kaca atau botol kaca maka lancung terpotong atau ter belah .
    In jenis batu apa ?
    Tolong di balas.

    Reply
  9. muchlis yusuf abit

    Saya punya batu warna putih dalamnya tapi bagian pinggir agak kuning sepertinya kotoran tsnah saja,…seara manual udah saya test..test dibakar pakai korek api cukup lama tetap dingin,..disenter tembus,..tidak tergores oleh benda keras apapun bahkan bisa menggores kaca bahkan benda yg dipakai menggores yg tergores,…berat bstunya 7 kg,..yg tau mohon info dan kalau ada yg mengerti atau kenal ahli,..saya butuh partner untuk hal ini,…tks

    Reply
  10. tanwir

    Saya punya bongkahan batu yg apabila kena sinar warnanya sangat mengkilat. Saya ingin posting fotonya tapi ngga tau bgmn,

    Reply
  11. husmidarli

    Mau tanya,saya ada sejenis batu seperti intan,di bawah intan nya batu bongkahan,,seperti nya hidup,saya mau tau batu intan mentah gimana!

    Reply
  12. risqie

    saya punya batu mirip berlian dapat dari alm bapak saya sewaktu bekerja di kalimantan,tapi saya kurang yakin apakah itu berlian atau bukan,tapi batu saya mirip dengan yang di contohkan di gambar..

    Reply
  13. Andreas AU Undan

    slmt malam,numpang nanya saya mempunyai beberapa batu,
    1.batu pertama warna kalau di tempat redup cahaya warna hijau tua dan ditempat terang berubah ungu,batunya sebesar jari induk kaki,dites dengan diamond tester 10 mohs keatas tapi tidak tembus cahaya.
    2.batu kedua beratnya sekitar 3 ons warna merah jambu dites sampai merah juga.
    3.ketiga warna putih bening,terdiri dari banyak segi terkena cahaya berkilau sebesar induk jari kaki hanya agak lonjong seperti gambar love.
    4.batu keempat warna kehijauan agak bulat seperti roti mari,10 mohs
    yang ingin saya tanyakan jenis apakah batu batu tersebut,atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

    Reply
  14. arie

    Untuk alamat lengkap test atau laboratorium khusus berlian dmn yaa…saya punya batu ukuran ibu jari..bentuknya semua hexagonal atau mengerucut 6..dri yg kecil sampai yg besar..mohon pencerahanya…

    Reply
    1. Little Light Post author

      Kalo saya nih sih yang paling mudah ke universitas yang ada jurusan geologi atau pertambangan. Paling-paling gratis dan juga bisa buat pembelajaran juga kan ^_^… atau kalau mau simplenya ke laboratorium geologi aja

      Reply
  15. karto

    Minta informasi mesin pemotong berlian dan finishingnya ada gk yg otomatis belinya dimana dan harganya berapa? Dan apa peralatan lain utk bs mengasah berlian bentuk faset Mohon info via email. Thx

    Reply
  16. jhoni

    saya menemukan batu fosil, terus didalamnya bewarna putih dan batu itu berlampu2.
    apakah itu termasuk batu berlian mentah??? Tolong jelaskan.

    Reply
    1. hendra

      bos, saya menemukan batu didalamnya sepertinya ada kayu dan dia berkilau-kilau, banyak orang mengatakan itu batu intan berlian, apakah benar bos? tolong infonya bos?

      Reply
    2. Little Light Post author

      Saya juga pernah berburu batu fossil yang sudah berbentuk kristal, harganya juga lumayan di pasaran kalau tahu tempat menjualnya. Sayangnya itu bukan berlian tertunya, hanya batuan fossil yang berumur sangat lama dan mengkristal dan dari segi kekerasan juga berbeda sangat jauh.

      Reply
      1. jhoni_manoelankk12@ymail.com

        ha? tapi ada warnah putih didalamnya, percis seperti berlian? masak itu tidak berlian?

      2. Little Light Post author

        Banyak batuan yang sekilas menyerupai karakteristik berlian mentah, tapi berlian bukan terbentuk dari fossil tumbuhan atau fossil hewan gitu apalagi batu bara. Tahan terhadap suhu tinggi dan tekanan tinggi. Untuk mengeceknya ada alatnya- portable kit juga tersedia-, atau bisa di tes di lab gitu.

  17. dede umni julaeli

    gan ane punya berlian mentah seperti gambar yg paling atas…… bisa dijual nggak yah… kalo dijual mesti kemana ?

    Reply
  18. erwan

    saya punya batu bongkahan batu mas, berwarna bening, di dalamnya banyak bongkahan-bongkahan kecil trus ada cahaya seperti pelangi, keras, bisa menggores kaca juga besi dan ketika saya kikir batu tersebut tidak tergores, malahan kikir tersebut jdi licin, apakah batu saya itu intan mas,,? tolong penjelasannya mas,,?

    Reply
  19. mawardi

    Saya punya batu fosil berwarna coklat murni tapi kalo di kasih cahaya sinter batu fosilnya mengeluarkan warna merah.pertanyaan nya adalah apakah benar itu batu fosil.kalo ada yg tau tolong bantuan infox.

    Reply
  20. ono

    z dpt batu warna putih dan kuning kecil2 runcing z dptx di dalam tanah dan di dalam batu.trus z tes gores di kaca dgn gelas dua2x tergores.stokx ada banyak z smpan kira2 ada 1 kilo.mohon solusix

    Reply
  21. Alboneh

    Saya punya batu seukuran kepalan tangan,sdh dites di kaca,nggores,warnanya bening,tp saya msh mau lab kan dulu,qra 2 kalo dijual sampe berapa ya

    Reply
  22. tri maoo

    saya punya batu sebesar jempol kaki
    warnanya putih berkilau bentuknya seperti kristal retak, tapi masih menyatu, bila saya cuba goreskan ke kaca, kacanya kalah, apakah itu batu permata,, ?

    Reply
  23. elio lay

    saya pnya sebua batu yang warnanya hijau keemas-emasan,dan bersinar apakah itu batu intan atu batu emas,agak berat,dingin batu apa itu.tolong infonya.

    Reply
  24. Ade Kusuma Akbar

    Saya punya bongkahan batu mas dibagian luar kinyang dites pakai diamond prtable tester naik garisnya cm 4..tapi di bagian dalam naik nya sampai 11-12 garis.dites gores kaca hasilnya tergores kacanya…mihon saran bos apa yg harus dilakukan untuk memastikan ada tidaknya intan mentah dibagian dalam sekaligus berapa kadar intan didalamnya

    Reply
  25. edwin

    sy py bongkahan batu hijau tembus cahaya dan batu bening bentuk prisma segi 6 smuanya sy dpt di africa itu batu jenis ap nmax gan.. mhn pencerahanx trims.

    Reply
  26. Padli

    Mas sya pux batu sprti intan,,kl d lht scara kasat mata batux bening sprti kristal,mmliki serabut kyk butiran garam d dlm,uda sa tes dgn gores kaca n kacax pun tergores,kalau di ksh sinar cahaya d bgian luar n dlmx klhtn mngkilap-kilap.. Uda sa tes pke diamond selector tp hanya dpt 7 mohs..Kira” tu intan pa bkn ya..? Mhon ptunjukx.

    Reply
  27. Suyuti Zakir

    sy punya bongkahan batu, menurut teman2 kemungkinan itu intan. gmna cara mengeceknya. sy mau kirimkan fotonya tapi caranya bagaiman?

    Reply
  28. rosmala dewi

    saya mau nanya! saya punya batu menurut orang itu adalah batu intan atau berlian bagaimana cara untuk menjual berlian mentah tsb

    Reply
  29. Yacub Sianturi

    Saya punya batu bening kristal ada jg yg ungu apa itu intan ya saya mau jual bagaimana cara memasarkannya?

    Reply
  30. Mayang

    Numpang nanyak ya mas..saya dpt batu..bentuk nya love.klu di perhatikan..sebela warna hitam dan sebelah lgi warna putih..itu batu apa ya..

    Reply
  31. shin

    Saya punya batu bening kemerah muda’an setelah saya goreskan kekaca maka kaca langsung terpotong dan batu tersebut memiliki tingkat lbh berat bila dibanding kan dengan jenis2 batu akik atau kristal lainya apaka itu termasuk jenis berlian

    Reply
  32. la ode rahmad gunanto

    saya punya batu seperti kaca dan ada juga seperti es, kira2 seperti butiran garam. ada juga yg sebesar kelereng. ada yg seperti bersatu, ada yg memang sdh tdk bersatu. bentuknya isometrik seperti piramid, oktagon dll.
    pernah saya tes dua kali. pertama pakai diamond sellectoe II, lampunya full padahal mulai dari 0. tes kedua pake kaca. utk kaca cermin dgn ketebalan 3 mm, sekali gores pasti kacanya terpisah. kalo pake kaca 5 mm, kebanyakan hy tergores dalam, tp ketika di ketuk sedikit, terpisah juga.
    pernah sekali saya tawari penjual batu akik dipintu keluar bandar jakarta ancol, tapi kata si penjual, klo batu kayak punyaku tdk berani dia menawar. saya jadi bingung. padahal, yg saya bawa itu jernih kayak kaca benaran. bedanya, kalau kaca yg dites pake diamond sellecror II paling hy naik 2 lampu semntara batu koleksiku, pasti full lampu tanpa tersendat.
    kira2 yg saya punya itu batu apa??
    oh iya, klo mau lihat contohnya, saya sdh posting di akun FB saya: La Ode Rahmad Gunanto

    Reply
  33. la ode rahmad gunanto

    oh iya, jenis batu yg saya punya itu, hy ada didaerah tertentu di tempat tinggalku (pulau buton sulawesi tenggara) tp sepertinya yg tau lokasinya hy saya dan 2 orang temanku. coz, waktu lagi rame2 nya orang pake batu akik, didaerah saya tdk ada yg pake cincin kayak punyaku kecuali kami bertiga.
    sepanjang yg saya ketahui, jenis batu ini punya 4 macam warna. bening, kuning, merah dan hitam.
    jika ada yg tau, tolong informasinya. makasih

    Reply
  34. yusran Darmawan

    Saya punya batu warnanya bening trus agak ke kuning kuningan saya dapat di negara Africa Gabon, dan saya pernah tes pakai diamond selector hasilnya full, maksud saya sampai Merah dan berbunyi, adakah batu saya ini berlian mentah atau bukan

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s