Siapa Vokalis Terbaik di BLACKPINK? Inilah Analisanya

Sebagai sebuah girlband papan atas dari Korea Selatan, member BLACKPINK tentunya punya banyak kelebihan yang membuat mereka menonjol. Visual adalah hal mutlak yang wajib dimiliki girl bandK-Pop dan soal ini BLACKPINK tidak punya masalah. Keempat member mereka dikenal punya kecantikan alami sedari dulu yang dibuktikan lewat foto-foto pra-debut mereka.

Soal rap? Jennie Kim adalah jagonya. Dance? Maka Lisa adalah pemenangnya. Kalau penyanyi? Hmm, yang satu ini rasanya perlu dikupas lebih jauh. BLACKPINK tentunya butuh lini vokal yang ampuh untuk bersaing dengan banyak girlband lainnya. Lalu siapa sih penyanyi terbaik di BLACKPINK? Menurut analisa dan pengamatan fans di sebuah forum K-Pop, seperti inilah peta kekuatan vokalisasi BLACKPINK.

1. Lisa

Menilai kemampuan vokal Lisa Manoban agak sulit karena part menyanyinya sangat terbatas. Ini bisa dimaklumi karena Lisa memang diposisikan sebagai rapper dan dancer utama grup, jadi vokal baginya bukanlah prioritas. Jika digambarkan, vokal Lisa termasuk lembut dan manis serta memiliki gaya serupa seorang sub-vokalis. Ciri khas suara Lisa adalah perpaduan antara nyanyian dan rap, sebagaimana partnya di lagu “Boombayah” dan “Whistle.”

2. Jisoo

Banyak orang menganggap secara teknik Jisoo adalah vokalis terbaik di BLACKPINK. Dia memiliki timbre suara yang unik dan matang jika dibandingkan vokalis K-Pop yang lainnya. Namun Jisoo bukanlah seorang vokalis yang benar-benar perfect. Dia memiliki sedikit masalah dalam hal pitch control dan terkadang suaranya terdengar nasal.

Masalah “airiness” yang dimiliki Jisoo membuat suaranya terdengar tak terlalu jelas dan kuat dan ini biasanya ditimbulkan oleh teknik pernafasan yang kurang maksimal. Jisoo dan tim pelatih vokal YG perlu memperbaiki masalah ini.

3. Jennie

Jennie Kim adalah member yang secara konstan mendapat sanjungan dari fans dan audiens karena kestabilan suaranya saat perform. Suaranya cukup kuat, ada di sisi rendah, dan ini sangat sesuai dengan konsep girl crush yang diusung BLACKPINK. Jennie adalah seorang idol all-around karena dia punya skill vokal, dance, rap, dan visual yang sama baiknya. Tak heran jika dia bisa debut sebagai penyanyi solo.

Masalah Jennie mungkin hanya terletak pada vokal tenggorokannya. Terkadang suaranya tidak berasal dari diafragma dan dia juga seringkali tidak terlalu membuka langit-langit lunak mulutnya sehingga suaranya kadang terdengar sedikit memaksa.

4. Rose

Rose agak sukar dianalisa karena dia punya style vokal yang beraneka ragam. Suaranya barangkali adalah yang paling ‘kontroversial’ di antara member lainnya. Beberapa orang menyukainya, beberapa lainnya tidak demikian. Vokalnya paling tidak konsisten karena dia sengaja menambahkan style khususnya.

Suara Rose sangat feminim dan tonenya juga terdengar manis. Timbrenya adalah salah satu yang paling favorit di K-Pop. Banyak yang bilang teknik dan style Rose telah berubah sejak debut, seperti saat dia tampil di MV G-Dragon “Without You” di mana suaranya terdengar nasal.

Nah, jika kita membaca ulasan singkat di atas, bisa disimpulkan bahwa setiap member BLACKPINK punya style vokal sendiri-sendiri yang unik. Jennie adalah satu-satunya member yang paling stabil dan tidak terdengar ‘ngos-ngosan’ saat bernyanyi, Rose punya style paling unik dan dinamis, suara Jisoo manis dan khas K-Pop meski bukan yang terbaik, dan Lisa adalah rapper non-Korea yang skill vokalnya cukup bagus.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s