Thomas Alva Edison, Inovator Teknologi Terbesar Dunia

Thomas Alva Edison adalah salah satu penemu dan inovator teknologi terbesar dalam sejarah. Kontribusinya yang paling terkenal antara lain penerangan listrik yang sanat berguna dan sistem tenaga listrik pertama di dunia. Dia menciptakan mesin praktis pertama yang bisa merekam dan memutar kembali suara. Dia menyebut perangkat ini sebagai fonograf. Edison juga membuat perbaikan pada telegraf, telepon, dan film.

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison

Edison mencari banyak solusi yang berbeda ketika mencoba untuk memecahkan masalah. Ketika dia menciptakan perangkat baru atau perbaikan, dia membuat berbagai desain. Kadang-kadang, dia meminjam fitur dari satu teknologi dan menyesuaikannya dengan yang lain. Edison memperoleh 1.093 hak paten Amerika Serikat, paten terbanyak yang pernah dikeluarkan U.S. Patent Office (sekarang U.S. Patent and Trademark Office) pada satu orang. Secara keseluruhan, dia menerima ribuan paten dari banyak negara.

Edison juga menciptakan salah satu laboratorium penelitian modern pertama. Beberapa ilmuwan dan sejarawan menganggap perkembangan ini sebagai prestasi terbesar Edison. Laboratorium penelitian Edison tumbuh dari cara dia bekerja. Dia sering bekerja bersama asistennya. Dia mengamati bagaimana orang lain memecahkan masalah mekanik, listrik, dan bahan kimia. Kemudian dia mencoba untuk memperbaiki ide-ide mereka. Pada awal 1900-an, banyak perusahaan industri melihat keberhasilan laboratorium penelitian dan mendirikannya sendiri.

Edison adalah seorang pengusaha yang aktif. Dia menciptakan perusahaan baru untuk memproduksi dan menjual produk-produknya. Penghasilan dari menjual produknya membantu menyokong laboratorium penelitian dan pengembangan banyak perangkat. Akibatnya, Edison dan para pelopor manufaktur lainnya di akhir 1800-an membantu membuat Amerika Serikat menjadi kekuatan industri dunia.

Berbekal kepercayaan diri dan tekad kuatnya, Edison mengatasi sejumlah kegagalan teknis dan komersial. Dia menjadi terkenal di dunia pada pertengahan usia 30 tahunan dan jutawan di pertengahan usia 40 tahunan. Namanya -dan bola lampu listrik yang dirancangnya- menjadi simbol seluruh ide-ide cemerlang dan kreativitas teknis di dunia.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s