6 Alat Komunikasi Tradisional Zaman Dahulu Yang Unik

Alat Komunikasi Tradisional

Berbicara tentang alat komunikasi, pasti sangatlah sudah tidak asing lagi bagi kita.Karena setiap hari kita menggunakan alat komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari seperti Smartphone, Telephone, Komputer, Internet dan lain sebagainya. Terlebih saat ini media komunikasi semakin mudah saja dengan adanya aplikasi seperti Whatsapp, Instagram, Email, Twitter, Facebook, Line, dll yang tak lepas dari rutinitas berkomunikasi kita.

Ingin komunikasi dengan orang yang jauh pun pada zaman sekarang tidak perlu susah-susah seperti zaman dahulu, hanya dengan sekejap saja kita dapat berkomunikasi suara bahkan mampu saling bertatap muka secara langsung, hal tersebut sudah bukan hal yang mengejutkan lagi.

Namun, sebelum munculnya alat-alat komunikasi yang kita miliki pada saat ini, ada beberapa alat komunikasi tradisional yang wajib diketahui. Alat komunikasi ini dulunya digunakan oleh orang-orang pada masa lampau sebelum ditemukannya alat komunikasi modern. Nah, apa saja ya alat komunikasi tersebut ?…  Mari kita amati bersama sama.

  1. Asap

Media komunikasi ini tergolong unik dan sangat populer digunakan oleh bangsa Indian di Amerika. Asap juga dapat digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada teman, dan juga dapat digunakan untuk mengirim informasi kepada lawan. Dalam berkomunikasi dengan asap, tidak ada kode kode yang baku sehingga tidak semua orang dapat membaca maksud pesan dari kepulan asap yang dikirimkan.

Namun pada umumnya dan sering kita jumpai di beberapa film, bahwa asap digunakan untuk meminta bantuan ketika seseorang tersesat di hutan. Ataupun mungkin kalian pernah mengikuti kegiatan pramuka, dimana asap digunakan untuk permainan pesan berantai. Dan asap juga bisa digunakan untuk mengusir binatang buas ketika camping.

  1. Kotoran Manusia dan Air Seni

Media komunikasi ini digunakan oleh manusia purba, pada waktu itu kotoran dan air seni digunakan untuk menunjukkan batas wilayah antara manusia purba yang satu dengan yang lainnya.

  1. Gerakan Tubuh

Komunikasi gerakan tubuh atau yang sering disebut dengan komunikasi bahasa isyarat juga sangat populer digunakan pada zaman dulu gaes, misalnya dengan cukup menganggukkan kepala pertanda “setuju” atau senang, kemudian menggelengkan kepala pertanda “tidak mau” terhadap sesuatu, dengan memegang perut pertanda sedang lapar atau meminta makan, mengedipkan mata pertanda suka pada lawan jenis, melambaikan tangan pertanda memanggil dan masih banyak lagi gaes.

  1. Prasasti

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga atau sebagainya. Prasasti merupakan sejarah untuk mengungkapkan peristiwa masa lalu, prasasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu. Prasasti berisi pujian dan merupakan anugrah yang diberikan seorang raja kepada rakyatnya dan berlaku secara turun menurun.

Dengan adanya prasasti kita bisa mengetahui sejarah masa lalu, dan dengan membaca sejarah masa lalu kita juga sudah melakukan komunikasi meskipun pesan yang tersampaikan kepada kita jauh berabad-abad silam.

Lontar

  1. Daun Lontar

Daun lontar dulunya juga digunakan sebagai alat komunikasi pada masa lalu, daun lontar adalah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar juga dikenal sebagai daun pohon Nira. Daun lontar pada zaman dulu digunakan untuk menulis naskah dan kerajinan.

Daun lontar dapat pula digunakan untuk komunikasi antar kerajaan. Selain itu juga bisa digunakan untuk memenuhi undangan pernikahan, untuk menanyakan kabar bahkan untuk naskah menyatakan perang.

  1. Kentongan

Dan yang terakhir yaitu kentongan, tentunya kalian pasti tidak asing lagi dengan alat komunikasi yang satu ini, Pada masa kerajaan, kentongan digunakan untuk menyampaikan pesan atau perintah dari sang raja kepada rakyatnya. Petugas kerajaan cukup memukul kentongan dan dalam beberapa saat kemudian masrakyat akan bergegas menuju tempat yang sudah biasa digunakan untuk pertemuan antara raja dan rakyatnya guna menyampaikan informasi

Dalam penggunaannya, kentongan dipukul dengan irama yang berbeda-beda sesuai dengan kejadian yang sudah dan akan terjadi. Misalnya tanda kentongan yang menandakan adanya kebakaran rumah, adanya bencana banjir, adanya pencurian, adanya gerombolan pasukan lawan yang menyerang dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

3 thoughts on “6 Alat Komunikasi Tradisional Zaman Dahulu Yang Unik

  1. Layangseta

    aku baru tahu jika kotoran manusia dahulu digunakan untuk menandai wilayah. Haduh kalau bercampur dengan kotoran manusia yang lain gimana ya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s