6 Referensi Kegiatan Saat Liburan Akhir Pekan

liburan vacation wisata

Jika liburan tiba apa yang anda lakukan gaes?. Apakah diam di rumah, keluar dengan teman, atau yang lainnya?. Setiap orang pastinya berbeda-beda ya kan. Kebanyakan dari kita mungkin mempunyai beberapa rencana dalam pikiran.

Mungkin kita bisa memiliki ide untuk tidur sampai larut malam atau bermain game dan menonton film dari matahari terbenam hingga matahari terbit, tanpa bangun dari tempat tidur kecuali mencari makanan atau pergi ke kamar mandi.

Beberapa orang tua mungkin mengizinkan kalian melakukan hal-hal seperti itu, namun beberapa yang lainnya bisa juga menegur anda. Nah, apakah kita benar-benar berpikir bahwa kegiatan tersebut adalah pengejaran yang berharga?. Jangan salah gaes, tidak berarti tidur, atau bermain game, atau menonton film itu buruk, sia-sia, ataupun terlarang.

Akan tetapi kita juga membutuhkan waktu untuk relaksasi, bersosialisasi dan melakukan hal yang lebih bermanfaat bagi diri kita, jangan buat waktu kalian untuk malas sepanjang hari atau tidak bertanggung jawab terhadap waktu kalian. ya sekali-kali okay lah.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara untuk kalian yang ingin lakukan sesuatu yang bermanfaat pada hari libur atau weekend. Semoga ini bekerja terbaik bagi kalian ya gaes.

kebersamaan keluarga

1. Menghabiskan waktu dengan anggota keluarga.

Kita mungkin tidak memiliki banyak kesempatan untuk berbicara atau menghabiskan waktu bersama orang tua kita, saudara saudara, atau keluarga lainnya. Mungkin waktu kita sebagian besar habis untuk berada di sekolah, kampus maupun tempat kerja saja.

Momen ini merupakan kesempatan bagi kalian untuk bercengkrama, berbagi pengalaman, pemikiran, atau bahkan sharing sharing masalah dan lebih dekat dengan keluarga anda.

Mereka pasti akan merasa sangat senang melihat anda memberikan alokasi waktu khusus untuk lebih dekat dengan mereka.

2. Ikut berpartisipasi dengan masyarakat sekitar

Berbaur dengan masyarakat merupakan salah satu cara untuk mengisi liburan atau weekend. Mungkin kebanyakan dari kita kurang akrab dengan tetangga/masyarakat sekitar kita.

Hal ini dapat diwujudkan dengan cara ikut partisipasi dalam kerja bakti masyarakat seperti membersihkan selokan, membersihkan tempat-tempat ibadah, membersihkan jalan atau berpartisipasi dalam kegiatan warga.

Cara ini bisa mempererat hubungan dan menjalin komunikasi dengan lingkungan kalian.

3. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas tidak hanya membuat kalian bertambah wawasan dan kemampuan bersosialisasi tetapi juga bisa meningkatkan perkembangan diri anda. Tentunya komunitas yang membawa manfaat ya, baik bagi diri kalian juga ke masyarakat pada umumnya.

Seperti ikut karang taruna, kesenian atau kebudayaan di sekitar kalian, remaja masjid bagi yang muslim, atau ikut acara acara kebaktian bagi non-muslim, komunitas peduli sekitar, komunitas Mengajar bagi yang tak terjangkau pendidikan, dll. Sebuah komunitas yang bisa membuatmu bangga dan bahagia.

membaca menulis bercerita

4. Membaca, Menulis dan Bercerita

Setiap orang pasti memiliki kelebihan begitu juga dengan anda. Anda bisa mulai membaca berita, majalah, atau buku yang dapat meningkatkan pengetahuan dan memperdalam kemampuan bahasa.

Menulis juga alat yang hebat bagi kalian untuk membuka pikiran tentang dunia di sekitar kita. Mulai membaca dan menulis yang sederhana dan nantinya lama-lama kalian akan terbiasa dengan itu.

Dan bagi kalian yang suka bercerita dan berbagi wawasan juga bisa memulainya dengan bercerita. Banyak media bercerita saat ini, salah satunya adalah Podcast. Kalian bisa bercerita tentang apapun yang bermanfaat bagi para pendengar.

Dengan membaca, menulis ataupun bercerita liburan kalian akan bisa lebih menyenangkan.

5. Berolahraga

Selain makan makanan yang sehat, tubuh kita juga harus diimbangi dengan fisik yang sehat. Dengan berolahraga yang cukup setelah seminggu bekerja, bersekolah atau kuliah maka tubuh dan pikiran kita akan fresh kembali.

destinasi wisata

6. Lakukan Hobi Kita

Cara terakhir yaitu dengan melakukan hobi kita seperti bermain futsal, voli, tenis, camping, berwisata, dll. Hobi selain peyeimbang juga bisa melepaskan stress, apalagi dilakukan bersama-sama dengan teman teman tentunya pasti sangat menyenangkan.

Sebenarnya ada banyak hal yang kalian bisa dilakukan selama liburan. Kalian hanya perlu mencari tahu kegiatan yang bagus dan yang paling penting adalah dapat membangun hidup kalian dan menjadikannya berkah serta manfaat bagi orang lain. Semua pilihannya adalah milikmu. Selamat berlibur semuanya.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s