5 Langkah Cepat Ketika Handphone Anda Hilang

lost phone device

Mungkin dari beberapa pembaca sekalian pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan yang satu ini, yaitu handphone atau smartphone anda hilang. Tentu perasaan berkecamuk melanda secara seketika baik itu panik, bingung bahkan sedih dan jengkel menjadi satu.

Nah kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara awal menyikapi handphone atau smartphone dengan skenario :

  • Kesulitan menemukannya dengan asumsi tidak di sekitar anda
  • merasa bahwa handphone anda kemungkinan besar terjatuh
  • Ada indikasi di temukan seseorang
  • ataupun seseorang kemungkinan sengaja membawanya

Tentunya cara yang akan kami sampaikan memiliki tingkat keberhasilan yang bervariatif. Semakin cepat anda bertindak, semakin besar pula kesempatannya untuk ditemukan. Berikut ini 5 langkah tersebut.

smartphone cafe

  1. Jangan ditelpon dulu

Jika skenario smartphone anda kemungkinan besar sesuai dengan poin-poin di atas, maka justru jangan di telepon terlebih dahulu. Terkecuali anda yakin bahwa handphone tersebut berada di sekitar anda, atau berada dalam satu ruangan dengan anda maka hal tersebut boleh saja.

Karena jika smartphone anda ditemukan oleh orang lain dan sang penemu tidak memiliki niatan baik untuk mengembalikannya, kemungkinan besar handphone anda justru akan dimatikan oleh si penemu. Bahkan parahnya, saat anda menelepon dan si penemunya panik bisa jadi sim card anda dicabut oleh si penemu.

location sharing google map

2. Mencoba tenang dan mulai lacak

Ambil nafas dalam-dalam, mari kita coba menenangkan diri sejenak dan mulai melacak lokasi smartphone kita. Jika anda memiliki teman sharing lokasi, anda bisa menanyakan dimana posisi anda sekarang. Fitur ini ada di google maps pada bagian Location sharing untuk sesama pengguna google.

Tentunya anda tidak harus menunggu smartphone anda hilang ya kan, baru kemudian anda menyadari betapa pentingnya berbagai lokasi kepada seseorang yang dekat dengan anda. Anda bisa mulai berbagai lokasi anda secara real time dengan orang tua, saudara kandung maupun pasangan anda untuk mengantisipasi keadaan yang darurat.

find my phone

3. Akses cloud atau google account

Mungkin anda belum menyadari bahwa smartphone anda memiliki fitur melacak ponsel anda sendiri. Nah, fitur ini dapat anda akses saat anda login ke google account maupun fasilitas cloud bawaan smartphone anda.

Sebagai contoh, jika handphone yang hilang tersebut adalah xiaomi maka lokasi smartphone terkini bisa anda ketahui dengan cara login ke akun mi cloud. Disana terdapat banyak fitur utama dan salah satunya adalah find device. Cobalah telusuri lokasi smartphone anda sesuai dengan titik gps yang ditunjukkan. Kemungkinan persentase smartphone anda di temukan sangat tinggi manakala status handphone anda pada mi cloud maupun google account masih aktif atau online (handphone masih menyala dan terkoneksi internet)

google find my device phone

Untuk smartphone yang tidak memiliki fitur find my device tersendiri, anda masih bisa mengaksesnya melalui akun google. Anda hanya tinggal log in ke akun google anda, lalu cobalah browsing Google Find my device. Setelah itu anda akan disajikan halaman khusus untuk menemukan lokasi smartphone anda. Banyak informasi yang bisa anda kumpulkan dari data yang disampaikan diantaranya: estimasi jarak dari lokasi anda, persentase baterai, terakhir kali online dan nama wifi yang sedang tersambung.

Light Next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s