5 Alasan Sebuah Grub Band Bubar

anggota band vokalis

Ketika kalian melihat berita di tv, koran, majalah ataupun sosial media lainnya tentang terpecahnya sebuah band atau salah satu personilnya keluar di benak kalian pasti bertanya tanya, kenapa ya kok bisa bubar padahal band ini sangat bagus?. Terlebih band tersebut merupakan band favorit kalian dan mereka pun terkesan harmonis. Hal ini tentunya membuat kita bertanya-tanya dan penasaran dibuatnya.

Banyak band lokal ternama yang berharap bisa menjadi lebih besar serta mendapatkan kesuksesan di dunia hiburan. Namun, seringkali kalau kedua nya kurang mencapai hasil yang diinginkan maka bisa-bisa band tersebut malah akan bubar. Biasanya di tahun awal, kita membayangkan membentuk sebuah band yang besar, kemudian mendapatkan kontrak album, banyak mendapatkan tawaran manggung serta penjualan album pun sangatlah memuaskan.

Padahal kenyataanya tidak semua seperti itu. Band yang sejati memerlukan dedikasi yang tinggi dari semua personil, jadwal latihan yang ketat serta punya banyak link untuk tampil di berbagai tempat. Membentuk band  yang sukses memang sangat sulit dan sedikit yang bisa bertahan dengan kondisi seperti yang diawal. Maka dari itu berikut 5 alasan bubarnya sebuah band yakni :

  1. Lesu akan musik

Anak band yang gara-gara anggotanya berpaling dari musik yang sudah disepakati bersama. Bisa jadi gitaris metal tidak enjoy dengan band bergaya retro atau penyanyi band rock bisa jadi suka main di jazz. Kadang selera bisa berubah setiap personilnya. Solusinya adalah kalau sudah begini pemimpin band harus bisa mengkondisikan para personilnya.

  1. Solo karir

Seorang personel yang memiliki bakat yang tinggi terkadang mendukung ngetopnya sebuah band. Padahal masing masing personil juga memiliki ego dan kemampuan yang sangat susah dikendalikan di saat perhatian terfokus pada satu personil saja. Band bisa ngetop tapi tidak bisa berjalan kalau mendapatkan banyak tekanan. Nah, begitu perbedaan ini muncul sang pemusik berbakat bisa jadi langsung cabut memilih solo karir. Maka dari itu, setiap personil band harus saling melengkapi.

  1. Kurang pemasukan

Salah satu hal ingin dicapai sebuah band adalah adanya pemasukkan yang memadai. Jadi manakala job manggung sepi apalagi untuk band yang baru dibentuk, tentu memiliki perjuangan tersendiri untuk menghadapinya. Di sisi lain pengeluaran juga trus berjalan seperti untuk latihan, beli peralatan alat musik dll. Jika hal ini terulang terus maka lama-kelamaan sebuah band dapat memutuskan untuk bubar.

anggota band gitaris

  1. Pengaruh luar

Membentuk band itu layaknya membentuk rekanan kerja atau bahkan perkawinan. Kita bakal butuh waktu jauh dari keluarga, saat manggung misalnya. Seringkali kita menempatkan kepentingan band di atas kepentingan pribadi. Band bisa bubar karena pengaruh luar yang ada di sekitar bahkan dekat dengan band itu sendiri seperti keluarga, teman dekat, anggota band lainnya, dll. Jadi dibutuhkan kemampuan untuk mengatur waktu sebaik mungkin.

  1. Perbedan Ke-artisik-an

Ini bisa dibilang hal yang cukup klise di bidang musik. Tapi sudah banyak terbukti bahwa perbedan ke-artisik-an mampu memporak-poranda sebuah band dengan cepat. Personeil band yang cakap dengan kemampuannya sendiri akan dengan mudah melihat kekurangan anggota lainnya. Si drummer kayaknya nggak rata tuh beat-nya ! atau nge-bassnya kok nggak kreatif sih? Bisa jadi lagu yang dibuat sang gitaris terlalu sederhana dan kurang menarik.

Situasi seperti ini bisa jadi memang cukup obyektif, tapi bisa jadi ini adalah awal pemikiran-pemikiran yang baik untuk sebuah band. Tinggal bagaimana kita memilih untuk menyikapinya. Begitu salah satu anggota merasa sangat benar, maka ia bisa menjadi tidak tertarik lagi dengan perkembangan band-nya. Anggota band seharusnya bisa saling menghargai perbedaan kemampuan ini dan juga harus bisa memberi dan menerima kritik dengan baik bagi setiap anggotanya.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s