Apa yang Dimaksud dengan Rasa Sakit?

Apa itu rasa sakit? Menurut definisi, rasa sakit tidaklah menyenangkan. Rasa sakit sebenarnya adalah sensasi peringatan. Rasa sakit memberi sinyal adaya stres atau kerusakan pada beberapa bagian tubuh. Dari titik pandang biologi, rasa sakit berevolusi untuk melindungi tubuh dari bahaya. Misalnya, rasa sakit akan membuat kita melepaskan diri dari permukaan yang sedang terbakar.

Rasa SakitRasa sakit juga mengingatkan kita pada luka. Hal ini memungkinkan kita untuk merawat luka sampai sembuh. Rasa sakit sangat penting bagi kita. Akan menjadi berbahaya jika seseorang kehilangan kemampuan untuk merasakan sakit. Hal ini terjadi pada banyak orang yang menderita diabetes. Mereka kehilangan sensasi di jari tangan dan kaki. Akibatnya mereka menjadi rentan terhadap cedera dan infeksi.

Rasa sakit dapat diklasifikasikan sebagai akut atau kronis. Rasa sakit akut datang dengan cepat, biasanya sebagai tanggapan pada stimulus atau cedera. Rasa sakit ini akan reda setelah stimulus dihilangkan atau penyembuhan terjadi. Contohnya antara lain sengatan listrik atau luka.

Sakit kronis sifatnya lebih tahan lama, bisa berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Cedera tertentu dapat menyebabkan rasa sakit kronis. Hal ini terutama berlaku pada cedera saraf. Sakit kepala migrain dan arthritis adalah kondisi lain yang juga bisa memproduksi rasa sakit kronis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s