Bulldog Ants, Semut Paling Mematikan di Dunia

hymenopthera_bulldog_ant_semut-bulldog

Semut Bulldog  atau biasa dikenal dengan “semut banteng” adalah semut besar yang agresif,  yang memiliki rahang  panjang, lurus, kuat dan sengatan yang berisi racun. Semut banteng adalah salah satu semut paling agresif di Australia. Ada lebih dari 90 spesies semut banteng di Australia dan mereka termasuk dalam Ordo Hymenoptera dan Keluarga Formicidae dan diklasifikasikan secara berbeda sesuai dengan panjang antena mereka.

Banyak spesies semut banteng yang memiliki warna merah atau oranye terang di kepala atau perut mereka dan salah satu yang terbesar dari setiap spesies semut berukuran sampai 1,5 inci (3,8 cm) panjangnya. Semut banteng memakan nektar dari tanaman dan memangsa serangga. Mereka membangun sarang mereka di bawah tanah dengan hanya sebuah pintu masuk yang kecil.

Nama semut bulldog diberikan kepada mereka karena cengkraman yang kuat dan gigitan yang buas. Mereka akan menjaga sarang mereka dengan ganas dan tidak memiliki masalah dalam hal menyerang penyusup dari berbagai ukuran yang datang terlalu dekat, terutama anak-anak. Beberapa semut banteng dikenal sebagai “semut peloncat” yang akan melompat pada setiap penyusup yang datang.

Bulldog Ants-semut banteng

Dengan kemampuan penglihatanyang dikembangkan dengan baik semut banteng akan mengikuti atau mengejar penyusup dari sarangnya. Mereka menggunakan rahang yang kuat menyerupai cakar untuk mengambil makanan, menghancurkan mangsa dan untuk mengusir predator. Semut ini dapat memberikan sengatan yang sangat menyakitkan dengan menggunakan rahang nya untuk mencengkeram penyusup dan kemudian meringkukan perutnya untuk menyengat dan menyuntikkan korbannya dengan racun.

Bukanlah hal yang biasa bagi korban untuk menerima beberapa sengatan, karena jika sarang mereka dalam keadaan terancam, pasukan semut dalam jumlah besar akan menyerang penyusup. Ada enam kematian terkait sengatan semut ini di Australia menurut Biro Statistik Australia, lima di Tasmania dan satu di New South Wales.

Kematian yang dilaporkan semuanya laki-laki berusia antara 40-80 tahun dan karena reaksi alergi terhadap racun. Sekarang, jika Anda berencana untuk uji nyali dan menyodok sarang semut banteng dengan tongkat. Jangan melakukan hal itu, karena armada semut ini akan menyerang Anda dari belakang karena mereka memiliki pintu keluar alternatif di sarang mereka untuk berjaga-jaga.

Bulldog Ants-semut banteng-semut-bulldog

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s