Pahami Hal Ini Untuk Bertahan Hidup di Alam Liar

Lost in Time

Menjelajahi alam liar tentu menyajikan pesona tersendiri bagi para penyuka petualangan. Namun adakalanya alam menghadapkan anda dalam situasi yang sulit, entah jalan untuk kembali tidak dapat di tempuh lantaran longsor, jembatan yang tidak dapat dilalui, adanya fenomena alam secara tiba, dll. Sehingga hal itu pada akhirnya menempatkan anda di situasi yang mendebarkan yaitu perjuangan untukbertahan hidup di alam liar.

Tentu skenerio tersebut tidak tejadi setiap saat. Namun saat hal ini benar-benar terjadi yaitu di mana keberlangsungan hidup anda sebagai jaminannya, alangkah baiknya saat itu anda memiliki “bekal” yang memadai. Terdapat empat unsur yang harus tersedia untuk situasi bertahan hidup agar dapat memiliki kesempatan dengan hasil yang positif, yaitu: pengetahuan, kemampuan, kemauan untuk bertahan hidup, dan keberuntungan.

Sementara pengetahuan dan kemampuan bisa dipelajari, kemauan untuk bertahan hidup merupakan mekanisme bertahan hidup yang terprogram dalam diri  kita dan kita tidak dapat mengetahui bahwa kita memiliki hal tersebut hingga saat kita diuji. Misalnya, orang-orang yang terlatih dan dilengkapi dengan baik tetapiberputus asa dan berhenti berharap meskipun sebenarnya ia dalam kondisi mampu untuk bertahan hidup. Sedangkan yang lain, mereka yang kurang disiapkan dan yang tidak dilengkapi dengan memadai, mampu bertahan melawan segala rintangan karena mereka menolak untuk menyerah.

Selalu terapkan prinsip gunakan paling sedikit energi  untuk hasil maksimal yang di bisa di peroleh

Siapapun yang menjelajah ke alam liar, entah untuk perjalanan berkemah untuk semalam atau ekspedisi yang panjang, hendaknya memahami konsep paling dasar untuk bertahan hidup. Mengetahui bagaimanakah cara untuk bertahan hidup dalam situasi tertentu akan memungkinkan anda untuk melakukan persiapan terlebih dahulu dengan baik, memilih peralatan yang tepat (dan belajar bagaimana cara menggunakannya), serta mempraktekkan keterampilan yang diperlukan.

Saat Anda mungkin dapat menyalakan api dengan menggunakan pemantik api, sebagai contoh kasus: apa yang akan anda lakukan manakala pemantik itu berhenti berfungsi?. Hal yang juga sama, setiap orang dapat menghabiskan waktu pada suatu malam yang menyenangkan di dalam tenda pribadi, tetapi apa yang akan anda lakukan bila anda kehilangan semua set perlengkapan anda?.

Semakin Anda memahami mengapa dan bagaimana sistem kerja sesuatu, maka semakin siap anda untuk beradaptasi dan berimprovisasi manakala peralatan tersebut rusak atau hilang

Light Next

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s