Kapankah Dimulainya Permainan Suit : Batu-Kertas-Gunting ?

batu-kertas-gunting-suit

Permainan suit Batu-Kertas-Gunting adalah permainan kesempatan, umumnya digunakan untuk memutuskan hal-hal sepele di antara dua orang. Setiap peserta melepaskan sebuah bentuk tangan selama tiga kali, yang menentukan siapa pemenangnya pada ronde ketiga baik kepalan tangan (Batu), tangan terbuka (Kertas) atau dua jari yang direntangkan (Gunting). 

Batu mengalahkan Gunting (karena dapat menghancurkan Gunting), Kertas mengalahkan Batu (karena dapat menutupinya) dan Gunting mengalahkan Kertas (karena bisa memotongnya). Jika dua pemain menghasilkan item yang sama, permainan ini diulang sampai kebuntuan tersebut terpecahkan.

Permainan suit Batu-Kertas-Gunting dimainkan di banyak negara dan dikenal dengan nama yang berbeda-beda: di Jepang, misalnya, permainan ini  disebut Jan-Ken-Pon, sementara di tempat lain, permainan suit  ini  sering dikenal sebagai Roshambo, kecuali di Italia, di mana telah dimainkan sejak awal abad kedelapan belas dan sekarang dikenal sebagai Mora. Beberapa negara memiliki varian elemen permainan suit Batu-Kertas-Gunting; di Indonesia, misalnya, suit tersebut termodifikasi menjadi gajah, orang dan semut.

Dengan popularitas yang luas seperti itu, ada banyak teori tentang kapan dan di mana permainan ini dimulai. Beberapa percaya bahwa permainan suit tersebut telah dimainkan di Jepang sejak 200 SM dan bermigrasi ke Eropa pada abad kedelapan belas, sementara yang lain percaya permainan ini dimulai dengan adanya pendatang Celtic di Portugal pada tahun 600 SM, setelah itu menyebar ke Eropa ketika Roma menyerang Spanyol di sekitar tahun 100 Masehi.

Sementara itu kemungkinan bahwa asal dari permainan ini secara pastinya tidak akan pernah diketahui, karena kurangnya bukti yang nyata, teori yang dominan adalah bahwa permainan ini dimulai di pantai Mediterania dan di dunia bagian timur ribuan tahun yang lalu. Sandaran terbesar dari  teori ini adalah lukisan hieroglif  Mesir dari tahun 2000 SM yang menunjukkan permainan tebak jari-dan-kepalan tangan yang serupa.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s