Bagaimana Cara Menangkis Serangan dari Hiu?

hiu di laut

Mendengar kata hiu secara otomatis membuat kita sedikit merinding, ya kalau di darat sih nggak begitu sih tapi kalau anda sedang berenang di laut, di tengah laut? hmmm…, hal tersebut juga saya alami sendiri, manakala sedang berenang di laut melihat-lihat terumbu karang yang indah di tepi laut, terbersit sedikit pertanyaan saaat berenang menuju tengah laut,” ada hiu nggak ya?”, hal tersebut sering kali kita tanyakan pada diri kita sendiri, ya kan. Nah kalau ternyata hiunya ada dan bergerak menuju anda, ini dia langkah-langkahnya ala survival in the wild:

1. Pukul Mundur

Jika hiu datang menuju ke arah Anda atau mencoba menyerang Anda, gunakan apa pun yang Anda miliki dalam genggaman saat itu-kamera Anda, pancing, gagang, pistol tombak, kepalan tangan untuk Anda memukul mata hiu atau insang hiu, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap rasa sakit.

2. Buatlah tusukan cepat, tajam, serta berulang di daerah-daerah tersebut.

Hiu adalah predator dan biasanya hanya akan meneruskan pada serangan jika mereka memiliki keuntungan, sehingga
membuat hiu tidak yakin  tentang adanaya keuntungan tersebut dengan cara apapun mungkin akan meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup. Berlawanan dengan pendapat yang  populer, hidung hiu bukanlah daerah untuk menyerang, kecuali jika Anda tidak dapat menjangkau mata atau insang hiu. Memukul hiu hanya akan memberitahukan bahwa Anda mampu membela diri, setidaknya anda dapat melukai hiu jika hiu memaksa menyerang.

avoid shark

Bagaimana Cara Menghindari Adanya Serangan:

  • Selalu tetap dalam kelompok, hiu lebih cenderung untuk menyerang individu.
  • Jangan berenang terlalu jauh dari pantai. Hal ini akan mengisolasi Anda dan menciptakan bahaya tambahan karena terlalu
    jauh dari bantuan.
  • Hindari berada di dalam air selama dalam kegelapan atau saat waktu senja, ketika hiu sangat aktif dan memiliki keunggulan kompetitif sensorik.
  • Jangan masuk ke dalam air jika Anda berdarah dari  luka yang terbuka atau jika Anda sedang menstruasi, hiu sangat
    tertarik pada darah dan kemampuan penciumannya super tajam.
  • Cobalah untuk tidak memakai perhiasan mengkilap, karena cahaya yang dipantulkan menyerupai kemilau sisik ikan.
  • Hindari perairan yang dikenal dengan adanya limbah maupun sistem pembuangan air yang di gunakan untuk memancing secara komersial maupun kegiatan memancing standar yang menggunakan umpan ikan, terutama jika ada tanda-tanda aktifitas burung-burung laut yang menyelam untuk mendapatkan ikan, hal tersebut merupakan sebuah indikator untuk anda menjauh.
  •  Ekstra hati-hati ketika air menjadi keruh dan hindari menunjukkan warna kulit yang tidak rata pada kulit anda yang terkena matahari atau mengenakan pakaian berwarna cerah, hiu melihat kontras dengan sangat baik.
  • Jika hiu menunjukkan dirinya kepada Anda, mungkin karena penasaran daripada menjadi predator dan mungkin akan berenang dan meninggalkan Anda sendiri. Jika Anda berada di bawah permukaan dan cukup beruntung untuk melihat hiu menyerang, maka Anda memiliki peluang yang bagus untuk membela diri, jika hiu tidak terlalu besar.
  • Scuba Diver harus menghindari berbaring di permukaan laut, di mana mereka mungkin terlihat seperti sebuah mangsa oleh
    hiu, serta di mana mereka tidak dapat melihat hiu mendekat.
  • Serangan hiu adalah potensi bahaya bagi siapa pun yang sering mengunjungi perairan laut, tetapi harus disimpan dalam perspektif. Lebah, tawon, dan ular bertanggung jawab atas kematian jauh lebih banyak setiap tahun, dan
    di negara-negara lain risiko tahunan kematian disebabkan oleh kilat adalah tiga puluh kali lebih besar dibandingkan dari
    serangan hiu.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s