Sakit Kepala Migrain (Penyebab, Gejala dan Solusinya)

Sakit Kepala

Hallo gaes.. pernah gak sih kalian merasakan apa yang namanya Migrain?? Trus apa yang yang kalian lakukan untuk mengatasinya??. Berbicara tentang Migrain di benak kalian pasti timbul pikiran tentang sakit kepala yang membuat pusing sekali kan. Nah, kebanyakan orang beranggapan bahwa sakit kepala merupakan penyakit yang biasa dan tidaklah serius.

Bahkan dengan hanya dibiarkan beberapa menit atau di pijat bagian yang sakit maka akan sembuh dengan sendirinya ataupun hanya sekedar di kasih obat bisa langsung sembuh. Pendapat semacam ini bisa dinilai benar atau bahkan salah sama sekali, karena sakit kepala banyak sekali penyebabnya.

Secara umum sakit kepala itu dibagi menjadi 2 yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terdiri dari sakit kepala menekan dan migrain. Sedangkan sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pada otak misalnya tumor, infeksi di otak ataupun pendarahan.

Tapi yang biasanya dikeluhkan sama kita-kita adalah sakit kepala menekan dan migrain. Untuk itu mari kita simak ulasan di bawah ini mengenai pengertian, ciri-ciri/tanda, faktor yang mempengaruhi dan beberapa tips untuk mengatasinya migrain.

Pertama, Migrain itu salah satu bentuk sakit kepala yang terasa pada satu sisi dan menetap, berdenyut, disertai mual dan muntah. Trus bila kalian membungkuk maka mual dan muntah akan bertambah berat. Migrain salah satu jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan dan sering terasa menyiksa karena gejala yang dialami bukan sekedar sakit kepala saja.

Kedua Perlu kalian ketahui beberapa ciri-ciri atau tanda akan terjadinya migrain yaitu:

  1. Biasanya dimulai oleh bintik bintik hitam, mata terasa berkunang kunang dan kilatan cahaya (penglihatan kabur).
  2. Sering menguap, sebelum kalian dapat serangan migrain, anda mungkin akan lebih sering menguap dari biasanya. Hal ini bisa bermanfaat sebagai salah satu langkah awal untuk mencegah migrain, karena menguap dianggap memiliki efek menurunkan suhu pada kepala.
  3. Sering mengalami nyeri di satu sisi kepala kalian.
  4. Sering mengalami perubahan sensasi pada tubuh seperti sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki atau mati rasa pada lengan dan wajah
  5. Jantung terasa berdebar, sering pusing melihat orang banyak, kembung, cepat marah, gampang tersinggung, cenderung depresif dan susah tidur, (nah hati- hati buat kamu yang susah tidur).pria berfikir

Ketiga, apa saja ya faktor yang dapat menimbulkan migrain. Perlu kalian ketahui Ada 2 macam faktor yaitu :

  1. Faktor internal: Peningkatan hormon pada siklus menstruasi, keturunan dan perubahan metabolisme otak
  2. Faktor eksternal: Terjadi karena stress atau frustasi, terlambat makan, ketinggian, perubahan cuaca( seperti sekarang ini transisi musim panas ke hujan), kelelahan beraktivitas, terlalu banyak tidur, ada juga karena obatan obatan atau bisa juga makanan ( bahan-bahan makanan yang diragi, diasinkan, diasamkan dan juga diasap).Yang perlu dicatet nih bahwa kurang lebih 70% yang mengalami migrain adalah mayoritas wanita, yang sedang mengalami menstruasi.

Keempat, ada beberapa cara penanggulangannya bila migrain menyerang, yakni sebagai berikut:

  1. Kompres dengan air dingin kira kira 10 menit, lalu istirahat sekitar 20 menit lalu ulangi kembali, mungkin dengan cara ini bisa mengurangi migrain.
  2. Bila muntah, banyaknya minum terutama minuman soda
  3. Melindungi mata dari cahaya atau tempat yang silau yang menyebabkan penglihatan kabur.
  4. Obat juga perlu dikonsumsi bilamana dapat menghilangkan rasa sakit

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s