Mengapa Orang-orang yang Telah Terkena Radiasi diberi Tablet Yodium?

radiasi-nuklir

Tablet Yodium , dalam bentuk kalium iodida (KI) dapat melindungi tiroid dari kanker. Tiroid adalah organ tubuh yang paling berisiko dari radiasi secara berlebihan. Tiroid adalah kelenjar endokrin berbentuk kupu-kupu yang dapat ditemukan di leher dekat jakun, serta di sekitar laring dan trakea. Tiroid mengatur metabolisme, suhu tubuh, tingkat pertumbuhan fisik, dan perkembangan otak.

Tiroid menggunakan yodium untuk membuat hormon tiroid, tetapi tidak dapat membedakan antara yodium yang biasanya  dan yodium radioaktif, yodium isotop -131 (I-131). Konsep di balik mengkonsumsi tablet yodium  ialah untuk mengisi reseptor-reseptor  kelenjar tiroid dengan yodium  yang baik dan reguler dari tablet, sehingga reseptor-reseptor tersebut  tidak dapat mengambil sebagian besar yodium radioaktif, yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Anak-anak dan bayi yang belum lahir adalah yang paling rentan, karena sel-sel di dalam tubuh mereka membagi jauh lebih cepat daripada pada orang dewasa, dan orang-orang yang tingkat yodiumnya  rendah lebih mungkin untuk mendapatkan kanker tiroid jika mereka terekspos radiasi. Ada efek samping dari kalium iodida yang dapat berakibat serius, termasuk kerusakan pada kelenjar ludah, reaksi alergi, dan gangguan perut yang sangat buruk. Selain itu, pil yodium tidak mencegah kanker lain atau melindungi organ-organ lain di dalam tubuh.

Pil yodium harus dikonsumsi  sebelum atau segera setelah terpapar agar efektif. Setelah bencana nuklir di Chernobyl pada tahun 1986, pihak berwenang menunggu terlalu lama, lebih dari seminggu, sebelum mengeluarkan pil yodium. Hal yang mereka  lakukan lebih berbahaya daripada bermanfaat baik, yodium radioaktif  terkunci di dalam tiroid masyarakat disana. Yodium radioaktif tidak semuanya buruk, melainkan dapat digunakan untuk mengobati kanker tiroid dan penyakit tiroid tertentu lainnya. Namun, karena itu pasien selanjutnya harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari mengekspos orang-orang di sekitar mereka.

Di beberapa belahan dunia lainnya, di mana jumlah yodium sangat kurang, kelenjar tiroid dapat menjadi membesar, membuat orang tersebut gondok. Gondok adalah pembengkakan yang membesar pada tiroid dan sering kali tampak sebagai benjolan yang besar di daerah leher. Anak-anak pedesaan di pegunungan Wisconsin,  diberi  “pil gondok ” setiap hari Jumat. Dikarenakan area di sekitar wilayah Great Lakes tidak mengandung banyak yodium.

The Morton Salt Company mulai menempatkan yodium di dalam garam pada awal tahun 1924. Hari-hari ini garam konsumsi  disemprot dengan kalium iodat dengan biaya hanya  sedikit lebih dari satu dolar per tonnya

Kasus terkenal lainnya ialah paparan radiasi yang tersebar luas, mempengaruhi anak-anak yang  lahir di tahun 1950-an dan awal 1960-an, yang mengalami peningkatan kadar strontium-90 (Sr-90) di dalam tulang dan gigi mereka. Amerika Serikat dan Uni Soviet telah menjalankan tes bom nuklir di masa itu, bersama-sama mereka menguji 422 bom nuklir di atmosfer. Sebagian besar bahan radioaktif  mecapai ketinggian hingga ke atmosfer, mengelilingi Bumi beberapa kali melalui aliran jet dan akhirnya menetap di ladang-ladang pertanian.

Sapi memakan rumput, anak-anak meminum susu, dan Sr-90 menetap di tulang dan gigi mereka. Strontium tepat di bawah kalsium dalam tabel periodik, dan Sr-90 akan disimpan di tempat yang sama di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kanker tulang dan sumsum tulang serta leukemia. Untungnya, pada  tahun 1963  Perjanjian Larangan Pengujian Nuklir Sebagian, dapat  mengakhiri tes bom atmosfer  yang paling banyak terjadi.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s