Apa Itu Radang Amandel?

Amandel adalah dua gumpalan kecil jaringan getah bening pada setiap sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel penuh dengan sel darah putih kecil yang disebut limfosit. Limfosit memerangkap dan membunuh bakteri yang masuk ke tenggorokan melalui hidung atau mulut.

AmandelKadang-kadang amandel memiliki begitu banyak bakteri untuk dilawan hingga mereka kalah dalam pertempuran. Keriput dan alur di permukaannya dipenuhi akan dengan bakteri, dan amandel menjadi bengkak dan sakit. Kemudian orang tersebut dikatakan menderita tonsilitis alias radang amandel.

Jika seseorang memiliki banyak serangan tonsilitis, dokter dapat membuang amandel. Setelah orang tersebut ditidurkan dengan anestesi, dokter akan memotong amandel, seringkali juga membuang kelenjar gondok pada waktu yang sama. Kelenjar gondok adalah jaringan seperti amandel dan biasanya membesar dan terinfeksi jika amandel terinfeksi. Adenoid yang bengkak dapat membuat seseorang sulit bernapas. Hal itu juga dapat menyebabkan infeksi telinga dan tuli.

Pada zaman dahulu, dokter berpikir bahwa semua amandel yang membesar terkena penyakit dan sering memilih untuk membuangnya. Sekarang dokter sering menyarankan untuk membiarkannya karena ketika anak-anak tumbuh dewasa, amandel dan adenoid mereka akan menyusut. Tetapi masih dianggap lebih baik untuk membuang keduanya jika anak sering terkena sakit tenggorokan, sakit telinga, dan kesulitan bernapas.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s