Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Imunologi?

Sistem kekebalan tubuh bekerja untuk melindungi tubuh agar tetap sehat. Sel darah putih tidak hanya mendeteksi dan menghancurkan mikroba yang menyerang, namun juga terus memeriksa perubahan dalam sel-sel tubuh yang mungkin berbahaya. Fungsi kekebalan ini adalah pertahanan utama melawan kanker.

Sel darah putihSel darah putih terus mendeteksi dan menghancurkan sel-sel tubuh yang telah mendapatkan kemampuan untuk tumbuh tak terkendali dan membentuk tumor. Ketika sistem kekebalan tubuh itu sendiri tidak beres, penyakit serius dapat terjadi.

Beberapa penyakit imunologi adalah melemahnya kekebalan tubuh. Artinya, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh hilang atau tidak berfungsi dengan baik. Tergantung pada bagian mana yang melemah, orang tersebut akan tidak berdaya menghadapi jenis infeksi tertentu atau dapat mengembangkan tumor kanker.

Defisiensi imun bisa saja turun-temurun, atau didapat di kemudian hari. Penurunan biasanya merupakan hasil dari infeksi virus atau aksi obat. Tergantung pada jenis penurunan, hal ini dapat diobati dengan transplantasi sumsum tulang atau ekstrak hormon dari kelenjar timus (jenis penting dari sel darah putih berkembang di sumsum tulang dan timus.)

Beberapa jenis penyakit imunologi berkembang ketika sistem kekebalan tubuh terlalu aktif dan merusak tubuh. Dalam penyakit autoimun, sel-sel darah putih berbalik melawan sel-sel atau zat tubuh sendiri dan mulai memproduksi antibodi terhadap mereka. Itulah proses infeksi radang tenggorokan berkembang menjadi demam rematik.

Antibodi terhadap bakteri Streptococcus juga dapat menyerang sel-sel dalam sendi dan di dalam hati, menghasilkan rasa sakit dan kerusakan. Rheumatoid arthritis dan lupus eritematosus sistemik adalah dua penyakit autoimun yang paling umum. Penyakit ini dapat diobati dengan aspirin dan kortison untuk mengurangi peradangan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s