Apa Itu Penyakit Hormonal?

Hormon adalah pembawa pesan kimia yang diproduksi dalam struktur yang disebut kelenjar endokrin. Hormon membantu mengontrol pertumbuhan, reproduksi, dan banyak fungsi tubuh lainnya. Gangguan endokrin yang mengakibatkan produksi hormon terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan penyakit serius.

HormonGangguan kelenjar hipofisis dapat menambah atau mengurangi produksi kelenjar hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan yang terlalu sedikit dapat mengakibatkan dwarfisme atau kekurangan pertumbuhan. Sedangkan terlalu banyak dapat mengakibatkan gigantisme, atau kelebihan pertumbuhan.

Hormon tiroid membantu menentukan seberapa cepat reaksi kimia tubuh berlangsung. Terlalu sedikit hormon ini membuat seseorang gemuk dan lamban. Terlalu banyak membuat seseorang akan menjadi “hiper.” Seseorang mungkin akan merasa gugup, berat badannya turun, atau tidak dapat tidur.

Hormon endokrin bertindak atas satu sama lain dalam banyak hal. Perkembangan seksual yang normal, misalnya, dipengaruhi oleh hormon yang dilepaskan oleh kelenjar yang berbeda. Ini mencakup organ reproduksi (ovarium pada wanita dan testis pada laki-laki) dan hipofisis serta kelenjar adrenal.

Gangguan hormonal dapat diobati dengan memberikan penggantian hormon yang kurang. Jika kelenjar memproduksi terlalu banyak hormon, kondisi ini dapat diobati dengan pembedahan atau radiasi.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s