Akankah Kita Menemukan Obat untuk Penyakit Kanker?

sel-kankerKita semua mengenal kanker, baik secara pribadi maupun melalui keluarga dan teman-teman kita. Di Amerika Serikat, kanker adalah pembunuh utama kedua, tepat berada di belakang penyakit jantung . Salah satu masalah mengenai obat penyembuh kanker adalah bahwa tidak adanya tipe tunggal dari kanker.

Kanker sangat bermacam-macam sekitar dua ratus penyakit. Tapi mereka semua memiliki satu kesamaan: yaitu pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkendali. Kanker adalah pembelahan sel yang menjadi liar!  pertumbuhan kanker dan tumor tersebut menghancurkan jaringan tubuh dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh

Sebuah studi besar dilakukan dengan partisipan hampir 90.000 anak kembar  di Norwegia, Swedia, dan Denmark untuk menentukan sejauh mana genetika memainkan peran terhadap kanker. Orang yang kembar adalah subyek yang ideal dalam penelitian, karena mereka memiliki kesamaan dalam hal kembar identik mereka, tersusun dari genetik yang hampir serupa. Para peneliti menemukan bahwa gen tidak berperan besar seperti yang pernah dipikirkan sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan  faktor lingkungan orang yang kembar, tidak berbagi satu sama lain, dan faktor itu jauh lebih penting. Merokok, makan terlalu banyak, makan makanan yang buruk,  kurang olahraga, paparan polusi dan radiasi merupakan faktor yang jauh lebih penting daripada genetika. Si kembar yang umumnya merawat diri mereka sendiri dengan lebih baik,  memiliki kesempatan 90 persen tidak mendapatkan kanker yang sama seperti saudara mereka.

Studi menunjukkan bahwa kita memiliki kendali atas apakah kita mendapatkan kanker dan kita dapat mengurangi risikonya. Deteksi dini memainkan peran yang besar dalam tingkat kesembuhan untuk kanker. Dalam banyak kasus, udara yang kita hirup dan air yang kita minum jauh lebih baik dari  tiga puluh atau empat puluh tahun yang lalu. Tetapi masih ada jalan yang panjang bagi kita kedepannya.  Kita terus mencerna banyak bahan kimia sampah di makanan yang kita makan. Coba saja lihat pada label konten, misalnya  kerupuk, es krim, aneka soda, atau daging olahan. Pola makan kita sarat dengan terlalu banyak lemak. Kendaraan kita, truk, dan pembangkit listrik tenaga batu bara memuntahkan berton- ton bahan kimia ke udara. Peralatan pembersih kita, plastik, dan barang-barang rumah tangga lainnya banyak mengandung puluhan bahan kimia.

Selain pendeteksian dini, tampaknya ada dua pendekatan untuk melawan kanker. Pertama, ada pendekatan vaksin, yang bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien dengan memicu produksi sel-sel khusus yang membunuh sel kanker dan mencegah kekambuhan. Seperti kebijakan yang dilakukan oleh Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika yang telah menyetujui dua jenis vaksin untuk mencegah kanker: vaksin melawan virus hepatitis B, yang dapat menyebabkan kanker hati, dan vaksin terhadap virus yang menyebabkan kanker serviks. Akankah kita menemukan vaksin universal yang akan melakukan hal yang sama untuk kanker seperti vaksin polio dan cacar?

Pendekatan kedua bertujuan untuk memotong suplai darah ke tumor. Obat-obatan seperti Avastin menghambat pembentukan pembuluh darah baru yang memberi makan tumor. Ini adalah metode sederhana dari ide vaksin, yang melibatkan banyak proses biologis yang sangat kompleks yang tidak sepenuhnya dipahami.

obat-avastin-bevacizumab

ampukecil-27

Bevacizumab atau nama dagangnya Avastin, termasuk salah satu obat termahal yang di pasarkan di dunia. Obat ini sendiri cukup ramai diperbincangkan di jurnal medis serta media masaa barat karena harganya yang sangat tinggi. Harganya sekitar $100.00 di Amerika Serikat  untuk perawatan dalam jangka waktu setahun.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s