Cara Memotong Benda Terkeras di Dunia (Berlian)

Berlian Mentah

Berlian diukur dengan nilai tingkat kekerasan 10 pada skala Mohs, membuat berlian sebagai benda alami “TERKERAS” di muka bumi. Memotong berlian merupakan sebuah gabungan seni dan ilmu pengetahuan sejak berabad-abad yang lalu.  Memecah berlian kasar merupakan proses dasar dalam pemotongan berlian, memisahkan berlian kasar menjadi beberapa bagian, yang nantinya di proses kembali sebagai batu mulia yang terpisah. Bagaimana cara memotongnya ?

Ahli berlian meletakkan pahat di sisi yang lemah dari batu berlian kasar, kemudian mengetuknya dengan martil, yang menyebabkan berlian terpisah. Perhitungan yang salah akan menyebabkan potongan berlian tersebut kehilangan nilai jual yang berharga. Setelah itu potongan berlian di haluskan.

Roda penghalus yang disebut dengan scaif, di ciptakan pada tahun 1456. Berlian di letakkan pada dop, yang fungsinya sebagai pegangan agar melindungi berlian pada saat dikerjakan oleh ahli berlian. Roda penghalus dilapisi dengan serbuk berlian dan secara terus dilumasi olive oil. Membutuhkan berlian untuk memotong berlian. Scaif atau roda penghalus dapat membuat ahli berlian memotong secara simetris bahkan membentuk berlian dengan segi-segi yang memberikan efek berkilau pada berlian.

Gergaji berlian di ciptakan sekitar tahun 1990an. Gergaji berlian merupakan bilah berbahan baja dan di lapisi oleh serbuk berlian, saat menggunakannya sama dengan roda penghalus yaitu menggunakan olive oil, agar potongan berlian bisa sempurna dan tanpa cacat. Beberapa bilah terbuat dari perpaduan fosfor dan perunggu. Material yang terbuang pada proses pemotongan dan penghalusan biasanya lebih dari separuh berat berlian mentah.

Tahukah anda, bahwa berlian terdiri dari 4 unsur carbon ( C ) yang saling mengikat atom satu dengan lainnya secara sempurna sehingga terbentuklah material yang sangat keras?

Dan nilai berlian juga ditentukan dengan empat C : Cut, Clarity, Color, Carat ( potongan, kejernihan, wana, dan karat ). Potongan merujuk pada proporsi geometri berlian, permukaan, segi-segi dan bentuk akhir.  Kejernihan merujuk pada adanya kecacatan didalam berlian. Warna dapat memiliki range dari warna putih susu hingga kuning. Karat mengukur berat dan ukuran.

Berlian 3.107 karat, Cullinan adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan, di pertambangana pada tahun 1905 dan dipersembahkan kepada raja Inggris, Edward VII. Dan kemudian di potong menjadi 9 bagian yang besar. Berlian paling terkenal di Amerika ialah berlian Hope, yang dipamerkan di Smithsonian, Washington, DC. Memiliki berat 112 Karat pada tahun 1668, dan kemudian dipotong kembali. Karat adalah 200 miligram, atau 0,2 gram.

Berlian Cullinan

Berlian merupakan benda dengan material carbon yang murni, terbentuk dengan tekanan yang sangat tinggi. Carbon sangat banyak tersedia di alam, sebagai contohnya, tubuh kita terdiri dari 18 persen material carbon dari keseluruhan total berat tubuh. Berlian terbentuk didalam bumi dimana tekanan dan panas yang ekstrem merubah carbon menjadi berlian. Mereka terbawa dekat dengan permukaan bumi pada saat gunung mengalami erupsi. Pasar Berlian di dominasi oleh entitas tunggal, The De Beers kartel dari Afrika selatan.

Berlian merupakan simbol keabadian, kerena berlian telah ada jauh sebelum kita ada dan akan tetap ada jauh setelah kita tidak ada.

Baru-baru ini terjadi sebuah penemuan yang cukup mengejutkan. Sekelompok ilmuan Russia, meminta ijin kepada pemerintah Russia untuk melakukan observasi di area yang sebelumnya di larang untuk dilakukan observasi, dan hasil yang didapat cukup mengejutkan. Terdapat jumlah berlian dengan jumlah karat total sangat besar dan luas. Sehingga jika di eksplorasi total, kita semua bisa mendapatkan bagian dari berlian tersebut. Dan sebelum para ilmuwan mempublikasikan hasil penemuan mereka, sebuah perusahaan berlian raksasa yang mampu mengatur peredaran dan harga berlian serta telah berdiri sejak bangsa Indonesia di jajah Belanda, melakukan penjualan saham besar-besaran ke rekanan mereka yang juga merupakan produsen berlian.

Anda juga harus berhati-hati pada saat membeli berlian, karena saat ini sudah ada teknologi yang mampu membuat berlian dari material carbon, memasukkannya kedalam mesin dan memberikan panas serta tekanan sangat tinggi, dan voila ! jadilah berlian yang bahkan anda akan sangat susah membedakannya kecuali anda ahli berlian. Ciri-ciri mereka ialah, mereka terlalu sempurna.

Advertisements

One thought on “Cara Memotong Benda Terkeras di Dunia (Berlian)

  1. satria

    pengen tau berlian mentah itu ciri2 bgaimna?
    soalnya saya pnya batu bsarnya kira2 40 cm warnanya htam d dlmnya berlubang kira2 10 cm dan berbentuk butiran seperti serpihan berlian
    minta tlng ksih jwban klo ada yng tw ya? trima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s