Peradaban Pertama di Afrika dan Asia Barat

Peradaban Mesir Kuno

Pusat-pusat peradaban bermunculan di tengah-tengah gurun pasir Afrika Utara dan Asia Barat yang mampu menghasilkan piramida yang menakjubkan dan pusat-pusat perkotaan yang kompleks. Peradaban Mesir dan Mesopotama segera diikuti oleh peradaban lain yang lebih kecil tetapi tidak kalah signifikan yaitu Bangsa Fenisia, Lydan, dan Israel. 

Karena nilai pertanian wilayah sungai Nil, pemukiman dan kerajaan kecil mulai terbentuk di tepi sungai Nil pada awal 5000 SM. Pada sekitar 4000 SM, terdapat dua kerajaan yaitu -kerajaan Hilir di utara dan kerajaan bagian Hulu di selatan yang didominasi lembah Sungai Nil. Mereka akhirnya bersatu di bawah arahan Raja Menes sekitar 3000 SM dan membangun sebuah ibukota di Memphis. Dari titik itu, sejarawan secara tradisional membagi sejarah Mesir menjadi tiga periode waktu. (anda juga bisa membaca mengenai : Bagaimana Peradaban Pertama Berkembang)

Kerajaan Lama (2700-2200 SM)

Kerajaan Mesir Kuno

Kerajaan Lama dalam sejarah Mesir berlangsung dari sekitar 2700-2200 SM. Mesir mengembangkan pemerintah nasional yang kuat yang memerintah secara terpusat dari ibu kota Memphis. Setiap raja memerintah sebagai teokrat yang  memegang kedua kekuasaan baik agama dan juga politik. (Anehnya, kepemimpinan peradaban awal memiliki kecenderungan akan hal ini.) Dengan kekuasaan agama dan politik, raja-raja Mesir mengarahkan pekerjaan umum yang besar. Yang paling terkenal dan masih adalah Piramida bertangga di Saqqara yang dibangun di bawah Raja Djoser dan Piramida di Giza yang dimulai di bawah Raja Khufru.

Kerajaan Pertengahan (2200-1786 SM)

Kerajaan Pertengahan tidak cukup giat atau dalam keadaan damai seperti Kerajaan Lama. Dari tahun  2200 hingga tahun 2050 SM, Mesir mengalami masa perang saudara secara internal dan pergolakan. Akhirnya, Raja Mentuhotep II menyatukan negara lagi di bawah pemerintahan pusat yang kuat dan memindahkan ibukota ke kota Thebes. Langkah fisik dan politik ini diikuti oleh perdamaian internal dan kemakmuran yang berlangsung sampai sekitar tahun 1700-an SM.

Kemudian masalah diawali lagi dengan adanya para bangsawan lokal yang menantang otoritas raja-raja. Tantangan tersebut berhasil mengikis kekuasaan raja-raja dan kemampuan Mesir untuk mempertahankan diri. Pada saat masa lemahnya Mesir, Hykos, bangsa orang-orang dari wilayah Syria-Palestina, menyerbu dan menaklukkan Mesir dengan menggunakan kereta yang ditarik kuda.

Kerajaan Baru (1600-945 SM)

Setelah periode singkat di luar pemerintahan Hykos, pangeran Mesir Ahmose mengusir penjajah dari Mesir dengan menggunakan teknologi yang sama, yaitu kereta yang ditarik kuda. Akhirnya Ahmose menyatukan dan memulihkan Mesir di bawah satu pemerintah pusat, dan kepemimpinan baru diciptakan yang disebut dengan “firaun,” yang berarti “rumah besar raja.”

Kekuasaan agama firaun juga diperluas sebagaimana mereka mengadopsi pandangan bahwa mereka adalah para tuhan di Bumi. Selama periode ini, Ramses Agung memerintah Mesir selama 67 tahun. Kebesarannya tidak hanya terletak pada kemampuannya untuk memerintah Kekaisaran Mesir lebih lama daripada kebanyakan firaun, tetapi juga penaklukan yang dia buat untuk memperluas kerajaan hingga ke Timur Tengah.

Tentu saja, dengan ekspansi datang pula kontraksi atau, apa yang naik pasti akan turun. Selama tahun 1100 SM, Ramses III (tidak ada hubungan langsung dengan Ramses Agung!)  mengalami kekalahan pada beberapa peperangan di negara tetangganya Suriah, yang dijabarkan sebagai permulaan berakhirnya periode Kerajaan Baru dan Kekaisaran Mesir. Pada tahun 945 sebelum Masehi, Kekaisaran Mesir  cukup lemah sehingga orang-orang Libya dari selatan dan Kushite dari utara mampu memecah dan menaklukkan wilayah tersebut, mengakhiri masa kejayaan Kekaisaran Mesir.

Pembahasan selanjutnya bisa anda lihat pada : Masyarakat Mesir dan Agamanya

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s