Awal Mula Perdagangan di Wilayah Afrika

Sebelum zaman modern, perdagangan bagaikan darah kehidupan bagi orang-orang Afrika. Sebuah jaringan perdagangan yang berkembang menghubungkan banyak kerajaan dan kekaisaran di benua itu.

AfrikaSalah satu kerajaan Afrika paling awal adalah Mesir kuno. Lima ribu tahun yang lalu, orang-orang Mesir Kuno berdagang dengan tetangga mereka. Di antara mereka adalah kerajaan Kush yang terletak di selatan Mesir. Pedagang membawa barang-barang mereka di sepanjang Sungai Nil.

Rute perdagangan utama mereka adalah Laut Merah yang berbatasan dengan pantai timur Mesir. Orang Mesir juga berdagang dengan orang Asia. Rute perdagangan lainnya mengarah pada wilayah yang sekarang dikenal sebagai Sudan dan Chad. Dari wilayah ini orang Mesir memperoleh emas dan produk berharga lainnya.

Adulis adalah pelabuhan Laut Merah milik kerajaan Aksum (Axum). Aksum adalah link penting dalam jaringan perdagangan yang luas. Jaringan ini membentang dari Afrika timur utara ke Mediterania. Jaringan ini juga membentang ke barat ke India jauh. Pada tahun 300 M, jaringan ini telah membuat orang-orang Aksum kaya dan berkuasa.

Mereka memiliki akses ke gading, rempah-rempah, dan kura-kura lokal. Mereka memperdagangkan ini dan menukarkannya dengan barang-barang asing seperti anggur, minyak zaitun, emas, dan perak. Namun pada tahun 500-an M, Aksum mulai menurun. Perdagangan di Saudi terganggu oleh Persia. Kemudian, perdagangan itu kalah saingan dengan orang-orang Arab yang pindah ke daerah sekitarnya di Afrika.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s