Dinasti Zhou, Dinasti Terlama dalam Sejarah China

Dinasti Zhou, juga dieja Chou, adalah dinasti Tiongkok (keluarga penguasa) yang memerintah dari sekitar tahun 1045 hingga tahun 256 SM. Dinasti ini merupakan dinasti yang berkuasa paling lama di Tiongkok. Periode Zhou tak hanya dipenuhi dengan peperangan, tetapi juga kemajuan budaya.

Zhou

Dinasti ini dimulai ketika orang-orang Zhou dari Tiongkok barat menaklukkan dinasti Shang yang sedang berkuasa. Zhou mengklaim mereka bisa berhasil karena mandat dari langit, sebuah teori yang menyatakan langit mengizinkan orang-orang moral untuk menggulingkan rezim yang korup. Penguasa Zhou membagi kerajaan menjadi negara bagian dan menunjuk anggota keluarga dan pendukung terpercaya sebagai kepala daerah.

Seorang penguasa Zhou yang lemah digulingkan pada tahun 771 SM. Dinasti ini kemudian memindahkan ibukota timurnya dari Hao (dekat daerah yang sekarang disebut Xi’an) ke Luoyang. Langkah ini memulai periode Zhou Timur. Selama periode ini, kota-kota tumbuh, kelas pedagang berkembang, dan uang sebagai ganti barter mulai dipergunakan. Para filsuf terkenal seperti Konfusius dan Laozi mengembangkan ide-ide mereka selama masa ini.

Pemerintah pusat Zhou secara bertahap kehilangan kekuatannya dari negara bagian yang besar, dan dinasti ini akhirnya hancur pada tahun 256 SM. Tujuh negara bagian besar kemudian berperang untuk menguasai Tiongkok sampai tahun 221 SM, ketika dinasti Qin muncul dan mengambil alih tampuk kekuasaan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s