Fakta Tentang Orang Dengan Tangan Kidal

Karya Seni Tangan Kidal

Para peneliti mengatakan hal tersebut ada di dalam gen. Ini adalah alasan yang sama beberapa orang bermata cokelat dan beberapa orang lainnya bermata biru. Proyek Genom Manusia cenderung untuk mendukung teori bahwa sebuah gen tunggal bertanggung jawab terhadap penggunaan tangan.

Satu dari setiap sepuluh orang adalah  kidal, dengan laki-laki melebihi jumlah perempuan, 1,2 banding 1. Menjadi kidal menyiratkan preferensi untuk menggunakan tangan kiri untuk menulis, menunjuk, melempar, dan menangkap. Orang yang kidal  menggunakan kaki kiri untuk menendang, memulai berlari, berjalan, dan bersepeda. Menjadi kidal juga berarti memiliki otak sisi kanan yang dominan . Kidal juga mungkin memiliki mata kiri yang dominan, yang mereka gunakan untuk pemandangan kamera, teleskop, dan mikroskop.

Di masa lalu, tidak ada banyak simpati bagi orang yang kidal.  Kadang-kadang ada upaya besar oleh orang tua dan guru untuk memaksa anak-anak yang kidal untuk menulis dengan tangan kanan, Yang akhirnya menyebabkan pemberontakan, frustrasi, gagap, disleksia, dan kebencian pada sekolah. Anak-anak  yang kidal sering dicap kikuk dan canggung. Kita tampaknya  jauh lebih tercerahkan mengenai kidal hari ini. Kebanyakan orangtua tampaknya membiarkan anak-anak mereka menemukan penggunaan tangan mereka sendiri dan menerima hasilnya. Orang yang kidal bahkan memiliki hari mereka sendiri, 13 Agustus, di mana mereka dapat merayakan keunikan mereka.

Namun, sebagian besar alat-alat, peralatan, dan perlengkapan kantor dibuat untuk orang dengan tangan kanan. Ketika celana hanya punya satu saku belakang, selalu di sisi kanan. Orang yang kidal  harus menjangkau itu dengan tangan yang  “salah” . Tuts piano diatur agar tangan kanan memainkan melodi dan tangan kiri memainkan iringan. Tombol shutter kamera berada di sebelah kanan. Kunci yang paling sering digunakan pada komputer, seperti enter, backspace, tanda panah, dan papan tombol angka, semua di sebelah kanan.

Pada akhirnya, kreativitas yang unggul, kejeniusan, dan kesuksesan karir telah dikaitkan dengan kekidalan. Ada daftar panjang orana-orang yang  terkenal bertangan  kidal, terutama dalam seni dan ilmu pengetahuan. Mereka termasuk Julius Caesar, Michelangelo, Albert Einstein, Ted Williams, Ronald Reagan, Tapi Anda bisa juga membuat daftar panjang mengenai  kisah sukses orang-orang yang bertangan kanan.  Masih belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada keunggulan yang nyata atau kelemahan menjadi kidal.

lampukecil-30

Mobil pada umumnya memiliki tongkat persneling di sebelah kanan dengan maksud memudahkan pengaturan porsneling dengan menggunakan tangan kanan, namun mobil yang ada di Indonesia memiliki porsnelling di sebelah kiri, menyesuaikan dengan lajur jalan yang umumnya digunakan semua  kendaraan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s