Makhluk di Zaman Purba : Hominid

australopithecus

Sejarah purba dimulai tidak dengan kita, tetapi dengan kelompok lain primata yang dikenal sebagai Australopithecus. Kelompok ini muncul dari Afrika selatan dan timur sekitar tiga sampai empat juta tahun yang lalu. Australopithecus memiliki ketinggian rata-rata 31/2 sampai 5 kaki-jelas tidak dibuat untuk bermain basket dan dengan ukuran otak yang kecil, mereka tidak akan banyak bisa bermain  catur  juga

Tapi meskipun demikian Australopithecus berjalan tegak dengan dua kaki, yang membedakan mereka sebagai hominid awal yang berjalan planet ini. Mereka juga memiliki laring, atau kotak suara, yang memungkinkan untuk pengembangan komunikasi verbal primitif dengan semua pemahaman dan kesalahpahaman yang meliputi. Meskipun Australopithecus hidup di hutan Afrika yang mewah nan lembab , mereka nomaden, terus bergerak untuk mencari makanan dan tempat tinggal sementara.

Kelompok Hominid Selanjutnya

Kumpulan Makhluk Purba

Tentu saja zaman Australopithecus tidak berlangsung selamanya. Mereka digantikan oleh hominid lainnya yang “baru dan lebih baik”. Kelompok hominid pertama setelah Australopithecus adalah homo habilis, atau “orang dengan kemampuan,” yang muncul dari Afrika sekitar  3 hingga 1,5 juta tahun yang lalu (tanggal tersebut yang tidak ditulis di dalam batu, sehingga hanya perkiraan saja).

Homo habilis telah meningkat lebih dari Australopithecus karena kemampuannya, termasuk penciptaan alat-alat dari batu mentah, yang membuat hidup mereka sedikit lebih mudah. Secara sosial, homo habilis memiliki kemampuan bicara yang terbatas. Tapi sama seperti Australopithecus, mereka terus bertahan hidup dengan mengumpulkan dan mencari makanan.

Homo Erectus

Homo habilis dilanjutkan dengan Homo erectus, yang lagi-lagi muncul dari Afrika sekitar 150.000 sampai 200.000 tahun yang lalu. Keterampilan teknologi homo erectus ini jelas lebih baik daripada homo habilis. Mereka mengembangkan kapak tangan dan alat-alat batu lainnya. Homo erectus menggunakan gua sebagai bentuk tempat tinggal dan mampu menggali lubang. Mereka juga menutupi diri mereka  dengan kulit binatang sebagai bentuk primitif dari pakaian untuk perlindungan dari unsur-unsur disekitar mereka. Homo erectus adalah yang pertama mengendalikan api untuk kehangatan, perlindungan, dan memasak daging.

Semua langkah-langkah besar dalam perkembangan menyebabkan peningkatan masa hidup dengan penyakit yang lebih sedikit. Kelompok ini membuat lompatan besar secara sosial juga. Mereka mengembangkan bahasa lisan, yang memungkinkan kelompok nomaden ini untuk mengkoordinasikan kelompok berburu kecil untuk menambah praktek mencari hewan yang telah mati dan tanaman hidup untuk  mengumpulkan makanan.

Pembahasan selanjutnya bisa anda lihat di artikel Makhluk di Zaman Purba : Neandertal dan Cro-Magnon

 Artikel lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s