Di Manakah Hari itu Berakhir dan Hari Berikutnya Dimulai?

Matahari Terbit

Secara teori, garis tanggal internasional mewakili 1800  bujur meridian. Ketika garis meridian ini menyeberang dari barat ke timur, tanggal maju satu hari. Saat melintasi garis dalam arah yang berlawanan, dari timur ke barat, tanggal beralih satu hari lagi. Namun dalam kenyataannya, sejumlah situasi menyebabkan penyesuaian garis tanggal internasional.

Batas-batas politik, seperti Rusia Kamchatka Peninsula, mendorong keluar garis meridian untuk menjaga wilayah negara secara utuh, khususnya penggunaan tanggal. Demikian pula, di beberapa kelompok Samudera Pasifik , garis meridian mengambil jalan yang memutar untuk menjaga semua pulau tetap bersama-sama.

Modifikasi lokal ini memindahkan garis tanggal internasional hingga 1800 dari  sebagian besar panjangnya garis meridian.

lampukecil-2

Greenwich Mean Time: Nama yang dulu digunakan untuk menandai waktu matahari di bujur 00, atau Greenwich meridian. Sekarang resmi disebut waktu Universal, meskipun GMT masih digunakan secara luas, terutama di negara-negara berbahasa Inggris.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s