Fakta Dan Penjelasan Perbedaan Kemampuan Otak Pria dan Wanita

otak-manusia

Walaupun semua otak manusia secara keseluruhan  terdiri dari bahan yang sama, yaitu sekitar 40 persen terdiri dari materi abu-abu dan 60 persen materi putih, akan tetapi otak seorang pria secara signifikan berbeda dari wanita. penjelasannya ialah sebagai berikut : Dari penelitian yang telah dilakukan dilakukan dengan menggunakan tes kecerdasan, telah dipastikan bahwa pria menggunakan hampir tujuh kali materi abu-abu lebih banyak daripada wanita, sedangkan wanita menggunakan sembilan kali materi putih lebih banyak daripada laki-laki.

Fungsi utama dari materi abu-abu tampaknya terletak pada disiplin kesadaran mengenai ruang, termasuk membaca peta, matematika dan pemecahan masalah, sedangkan materi putih menghubungkan pusat-pusat pengolahan otak dan penting dalam penggunaan bahasa, pemikiran emosional dan kemampuan untuk melakukan lebih dari satu hal sekaligus.

Karena perempuan menggunakan lebih banyak materi putih pada otak , mereka cenderung menjadi komunikator yang lebih baik. Pada kenyataannya, otak perempuan memiliki lebih banyak daerah yang terkait dengan komunikasi daripada otak laki-laki , yang menjelaskan mengapa wanita cenderung menggunakan bahasa sebagai perangkat membangun hubungan emosional, sedangkan laki-laki menggunakan bahasa untuk saling bertukar informasi dan memecahkan masalah. Rata-rata, seorang wanita berkata 7.000 kata per hari, sementara pria hanya mengatakan 2.000 kata perharinya.

Kedua bagian otak wanita juga terhubung lebih efektif daripada otak laki-laki, dan mereka terhubung lebih dekat, yang menjelaskan bagaimana perempuan lebih mampu untuk multitasking dibandingkan laki-laki, yang umumnya harus berkonsentrasi pada satu pekerjaan pada satu waktu. Konektivitas lebih besar pada otak perempuan juga diduga menjadi alasan adanya kemampuan intuisi wanita yang lebih baik.

Perbedaan ini diduga telah disebabkan oleh peran sosial yang diadopsi oleh pria dan wanita pada waktu nenek moyang kita. Pria, misalnya, akan pergi berburu, sering melacak mangsanya selama beberapa hari, yang  membutuhkan pemecahan masalah dan navigasi, sedangkan wanita harus lebih emosional dan mampu berkomunikasi secara selaras untuk melindungi rumah dan keturunan mereka.

Pada kenyataannya, studi menunjukkan bahwa perempuan dengan tingkat rata-rata hormon testosteron lebih tinggi dari  pria cenderung dapat membaca peta yang lebih efektif dibandingkan dengan perempuan lain.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s