Mengapa Pupil Mata Kita Berwarna Hitam?

Bagian-bagian MataMenjelang akhir hidupnya, Albert Einstein ditanyai mengenai rahasia kesuksesannya. Ia menjawab, “Saya tidak pernah bosan mengajukan pertanyaan yang sederhana. Saya masih menanyakan tentang hal-hal itu”. Secara sekilas, menanyakan mengapa pupil kita berwarna hitam,  terlihat seperti pertanyaan yang sederhana. Tetapi jawabannya bisa sangat kompleks sekali.

Pupil adalah pembukaan di tengah iris di mana cahaya memasuki lensa, yang kemudian berfokus pada retina. Tidak peduli apa pun warna mata yang kita miliki, setiap orang memiliki pupil berwarna hitam. Pupil berwarna hitam karena semua cahaya yang masuk melalui pupil yang diserap di dalam mata dan tidak ada yang dipantulkan.

Bayangkan pupil yang akan diwarnai, katakanlah merah. Cahaya putih (sinar matahari, lampu pijar, lampu neon) terdiri dari tujuh warna MOK H BNU: merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.Pupil merah akan merefleksikan bagian merah pada cahaya, yang tidak akan masuk ke mata. Sehingga hal ini akan mendistorsikan warna dari segala sesuatu yang kita lihat. Rasanya akan seperti terus-menerus melihat dunia melalui kaca jendela. Jadi, kesimpulannya, warna pupil harus berwarna hitam agar kita dapat melihat spektrum warna dari merah ke ungu.

Ukuran pupil bertanggung jawab atas kedalaman ruang, kadang-kadang disebut dengan kedalaman fokus, atau kisaran jarak di mana kita bisa melihat benda-benda pada fokus yang baik. celah kecil, atau apertur, meningkatkan kedalaman ruang. Itu sebabnya kita menyipitkan mata ketika kita mengalami kesulitan saat melihat  sesuatu. Dalam bahasa penggemar kamera, kami sedang “berhenti menuruni mata kami”.

lampukecil-9

Dalam kondisi pencahayaan normal, diameter pupil adalah sekitar empat milimeter. Ukuran tersebut bisa berubah dari sekitar tiga milimeter dalam cahaya terang hingga sekitar delapan milimeter  dalam cahaya yang redup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s