Bisakah Jam Menghemat Waktu di Siang Hari?

Jam Antik dan Klasik

Selama Perang Dunia I, sejumlah negara besar mendorong  jam mereka maju satu jam untuk memperpanjang waktu siang hari, sebagai langkah penghematan energi. Konsep ini diperluas selama Perang Dunia II, dengan banyaknya  negara yang mengamati majunya waktu sebanyak satu jam sepanjang tahun.

Di Amerika Serikat, penyesuaian waktu siang hari berlangsung terus menerus, dari 9 Februari 1942, sampai dengan 30 September 1945. Untuk memperoleh manfaat yang lebih besar selama perang, Inggris menerapkan perpanjangan waktu dua jam yang dikenal sebagai “waktu musim panas ganda” pada musim panas, dan kembali ke penambahan satu jam di musim dingin.

Banyak negara mempertahankan pengaturan waktu siang hari pada sebagian tahun setelah perang, dan negara lainnya mengadopsi pengaturan tersebut. Langkah pengukuran Kongresional di Amerika Serikat, dimulai pada tahun 1966 dan berlanjut hingga 2005, dan telah melembagakan rencana tersebut secara nasional. Penghematan waktu saat siang hari di AS mulai hari Minggu kedua pada bulan Maret dan berakhir hari di hari Minggu pertama di bulan November.

Saat ini, sekitar 70 negara di seluruh dunia mengamati penghematan waktu siang hari pada musim panas. Beberapa negara telah mengadopsi dan kemudian menolak rencana tersebut, termasuk Jepang dan China. Banyaknya pengaruh sosial, ekonomi, dan politik mempengaruhi keputusan untuk mempertahankan, memperpanjang, atau menghentikan penghematan waktu pada siang hari.

lampukecil-23

Konon disebutkan bahwa Benjamin Franklin menciptakan penghematan waktu siang hari agar ia dapat memperpanjang waktu bermain caturnya. Benjamin Franklin menganjurkan bahwa menyesuaikan jam secara musiman akan membantu melakukan penghematan pada lilin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s