10 Letusan Gunung Berapi Paling Mematikan Di Dunia 100 Tahun Terakhir

Di dunia ini jelas sekali banyak sekali terdapat gunung berapi yang masih aktif dan menunggu untuk meletus suatu saat nanti. Namun terdapat catatan gunung-gunung berapi yang telah meletus dan memakan banyak korban jiwa. Setiap negara memiliki ancaman bencana alam yang berbeda-beda ada yang berupa badai, tornado maupun gempa bumi.

gunung kelud meletus

Gunung Kelud meletus

Berikut ini letusan gunung berapi paling mematikan di dunia dalam kurun waktu 100 tahun terakhir :

1. Gunung Kelud, di Jawa Timur, Indonesia meletus pada 19 Mei 1919 dengan korban jiwa 5.115 orang (aliran lumpur)

Gunung Kelud ini bisa kami lihat menjulang tinggi dari lokasi kami, jadi semisal ada apa-apanya masih bisa terkena imbasnya, gunung kelud ini terbilang masih aktif. Pada saat gunung ini meluapkan abu beberapa saat yang lalu area di tempat kami tidak begitu terkena imbasnya, karena angin bergerak ke arah barat dan beberapa material abu vulkaniknya menuju arah laut. Namun membuat kepanikan di area lainnya yang berada jauh disebelah barat seperti Jogja, Bandung, Ciamis dan beberapa daerah di Jawa Barat

2. Gunung Lamington, di Papua New Guinea meletus pada 18 Januari 1951 dengan korban jiwa 2.942 orang (aliran debu vulkanik)

Mount-Lamington-gunung berapi

3. Gunung Hibok-Hibok, di Pulau Camiguin, Filipina meletus pada 4 Desember 1951 dengan korban jiwa 500 orang (aliran debu vulkanik)

Mount-hibok-hibok-gunung-berapi

4. Gunung Agung, di Bali, Indonesia meletus pada 18 Februari 1963 dengan korban jiwa 1.184 orang (aliran debu vulkanik)

Gunung tertinggi di pulau Bali ini meletus pada tahun 1963, dimulai dengan sebuah ledakan yang bersuara sangat menggelegar, dan gumpalan awal yang muncul di puncak kawah. Debu vulkanik yang dilontarkan gunung ini dengan jumlah yang sangat banyak turun menuju pemukiman warga sehingga menyebabkan banyak korban jiwa. Uniknya walau Pura Besakih lokasinya disekitar gunung ini. tetapi tidak terkena aliran lava dari Gunung Agung pada saat letusan terjadi. Oh iya puncak gunung Agung ini memembus awan dengan ketinggian gunungnya mencapai 3.031 Meter.

mount-agung-gunung-berapi

5. Gunung St Helens, di Washington, Amerika Serikat meletus pada 18 Mei 1980 dengan korban jiwa 57 orang (aliran debu vulkanik)

mount_st_helens-gunung-berapi

6. Gunung El Chichón, di Meksiko meletus pada 28 Maret 1982 dengan korban jiwa 2.000 orang (aliran debu vulkanik)

El Chichón gunung berapi eruption

7. Gunung Nevado del Ruiz (Armero), di Kolombia meletus pada 13 November 1985 dengan korban jiwa 23.000 orang (aliran lumpur)

nevado del ruiz gunung berapi

8. Gunung Pinatubo, Luzon, di Filipina meletus pada 2 April 1991 dengan korban jiwa 800 orang (dikarenakan penyakit)

MountPinatubo   Pinatubo-Ash-Flow-aliran-debu-vulkanik

9. Gunung Nyiragongo, di Republik Demokratik Kongo meletus pada 17 Januari 2002 dengan korban jiwa 147 orang (dikarenakan lava).

Nyiragongo-gunung-berapi-erupsi

10.  Gunung Merapi, di Jawa Tengah meletus pada 26 Oktober 2010 dengan korban jiwa 353 orang (di akibatkan adanya gas beracun) Gunung Merapi sendiri merupakan gunung berapi yang paling aktif di pulau Jawa, dan termasuk jajaran gunung berapi paling teratas di dunia dengan puncak keaktifan setiap dua hingga lima tahun sekali. Sehingga pengamatan terhadap gunung Merapi ini terus dipantau dengan sangat intensif untuk mendeteksi kemungkinan adanya erupsi di saat yang mendatang.

gunung-merapi-aktif-meletus-erupsi

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s