Kayu Jenis Apakah yang Terkuat di Dunia?

pohon-senja-alam-damai

Semua kayu memiliki rasio yang tinggi untuk kekuatan terhadap beratnya, tetapi beberapa jenis kayu lebih kuat dibandingkan yang lainnya. Kekuatan pada kayu dinyatakan baik oleh kekuatan lentur dan kuat tekan. Jangan bingung antara kekakuan kayu dengan kekuatan lentur, meskipun kedua hal tersebut merupakan sifat mekanik kayu.

Ketika insinyur mengukur kekuatan kayu, mereka mengukur kekuatan lentur dan kuat tekan dalam pound per inci persegi (psi). Nah kayu yang terkuat di dunia ialah kayu Balsa, merupakan kayu terkuat di dunia bila diukur dalam tiga kategori : kekakuan, kelenturan dan kompresibilitas atau kemampatan – lebih kuat dari kayu ek atau pinus.

Kayu Balsa (Ochroma lagopus, atau O. pyramidale), secara umum, merupakan pohon tropis yang cepat tumbuh, yang sering di jumpai dari selatan Meksiko hingga ke Bolivia, Balsa terkenal karena kayunya yang sangat ringan dan berwarna cerah. Balsa memiliki kulit berwarna pucat dan, seperti kebanyakan pohon-pohon tropis lainnya, tidak memiliki cincin pertumbuhan tahunan. Pohon Balsa dapat tumbuh lebih dari 5 meter per tahun di bawah sinar matahari penuh, serta mencapai ketinggian maksimum sekitar 30 meter.

Jika dibandingkan dengan pepohonan lainnya Balsa merupakan salah satu kayu teringan di dunia dengan urutan ketiga atau ke empat, sedangakan kayu teringan di dunia nomor satu ialah kayu Whau yang berasal dari New Zealand.

Rahasia keringanan kayu balsa hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Sel-sel yang besar serta sangat berdinding tipis, sehingga rasio materi padat untuk adanya ruang yang terbuka menjadi sangat kecil. Untuk memberikan pohon balsa kekuatan yang dibutuhkan untuk berdiri di hutan, pohon balsa memompa secara alami setiap sel dalam kayu hingga penuh dengan air sampai mereka menjadi kaku – seperti ban mobil penuh dengan udara.

Pohon balsa berhubungan dengan pohon durian dan kapuk, yang kesemuanya adalah anggota dari kembang sepatu, atau mallow, merupakan keluarga (Malvaceae).

Kayu balsa sudah menjadi bahan kayu penyusun model pesawat sejak tahun 1920-an, karena semakin ringan dan kuat material yang digunakan, maka semakin mudah untuk terbang. Kayu Balsa sudah menjadi bahan standar konstruksi model pesawat, sejak kayu Balsa pertama kali digunakan untuk segi bisnis.

Kekuatan berdasarkan berat pada kayu Balsa memungkinkan konstruktor untuk membuat model pesawat yang tahan lama dengan cara yang realistis.  Balsa juga mampu menyerap guncangan dan getaran dengan baik dan dapat dengan mudah dipotong, dibentuk, dan direkatkan dengan peralatan sederhana.

Balsa dalam bahasa Spanyol memiliki makna  ‘rakit’. Kayu balsa adalah  kayu yang tahan terhadap ngengat. ( mothproof)

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

3 thoughts on “Kayu Jenis Apakah yang Terkuat di Dunia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s