Apa itu La Nina dan El Nino?

Proses El Nino

Pergeseran periodik dalam kecepatan dan arah angin pada Pasifik tropis bagian timur dapat mempengaruhi suhu permukaan laut. Dalam peristiwa EI Nino , yang berlaku ialah angin timur melemahkan atau memberi jalan kepada angin Barat. Temperatur permukaan naik dan upwelling mendingin, menyebabkan air yang penuh nutrisi di bawah laut berhenti.

lampukecil-18

Angin bertiup melintasi permukaan laut mendorong air menjauh. Air kemudian naik ke atas dari bawah permukaan untuk menggantikan air yang terdorong menjauh. Proses ini dikenal sebagai “upwelling.”

Hal ini menciptakan habitat yang tidak menguntungkan bagi banyak ikan dan sering menyebabkan peningkatan kadar hujan di sepanjang pantai barat Amerika dan kekeringan di Australia dan Afrika. Keaadaan kebalikan dari kondisi tersebut yang disebut dengan La Nina. Aliran angin timur yang lebih kuat meningkatkan upwelling dan mengurangi suhu permukaan. Kedua peristiwa tersebut mempengaruhi cuaca : peristiwa EI Nino yang kuat sering mengakibatkan musim badai Atlantik yang lemah.

Proses La NinaSedangkan Peristiwa La Nina mengakibatkan  lebih badai Atlantik . La Nina kadang bergantian dengan EI Nino dan menyebabkan perubahan yang berlawanan terhadap cuaca di seluruh dunia . Di India misalnya , musim hujan menurun selama EI Nino tetapi meningkat selama La Nina. Kebanyakan peristiwa anomali tersebut dimulai pada bulan Desember atau Januari – maka dinamakan , EI Nino , anak kecil , yang mengacu pada saat Natal. Sedangkan La Nina atau gadis kecil , dipilih baru-baru ini untuk mencocokkan julukan lainnyalampukecil-15

Air yang naik ke permukaan sebagai akibat dari upwelling biasanya dingin dan kaya nutrisi. Nutrisi ini “menyuburkan” air permukaan, yang berarti bahwa perairan ini sering memiliki produktivitas hayati yang tinggi. Oleh karena itu, daerah penangkapan ikan yang baik biasanya ditemukan di mana upwelling biasa terjadi. Kebalikan dari peristiwa upwelling ialah downwelling.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s