Penjelasan Mengapa Bumi Memiliki Gravitasi?

Gambaran Medan Grafitasi Bumi

Kita semua terbiasa dengan gravitasi . Kita tahu bagaimana gravitasi berperilaku . Contohnya, peganglah bola di tangan anda dan biarkan terlepas, tentu saja bola  itu turun langsung ke bawah . Dan kita semua memiliki rasa takut bawaan terhadap gravitasi . Masak sih ? Coba deh anda berdiri di atas tangga yang  tinggi atau gedung tinggi ,lalu  lihatlah  ke arah bawah , dan secara naluriah kita tahu apa yang gravitasi akan lakukan jika kita kehilangan keseimbangan kita.

Gravitasi membuat benda jatuh lebih cepat dan lebih cepat . Dengan kata lain, obyek mempercepat ketika mereka jatuh . Dalam sistem pengukuran Inggris  , benda jatuh berjalan tiga puluh dua meter per detik lebih cepat  setiap detiknya . Atau sekitar 22 mph lebih cepat setiap detiknya . Dalam sistem metrik , hal tersebut terukur sekitar sepuluh meter per detik lebih cepat dari detik sebelumnya . Angka-angka ini disebut dengan ” percepatan gravitasi . ”

Kekuatan , atau tarik , gravitasi tergantung pada massa Bumi dan objek ditarik . Kekuatan yang gravitasi di Bumi dikenal sebagai berat benda . Semakin banyak massa yang anda dan saya miliki, maka  kita  semakin berat .

Tak kasih contoh dikit deh… misal sebuah  apel itu  0.2 kilogram. 0.2 kilogram itu disebut massa. Massa merupakan satuan resmi besaran guys. Ngukurnya pake neraca tertentu namanya Ohauss, satuan internasionalnya (SI) itu kilogram. Nah kalau gitu berat itu apa lho ?. Kalau berat itu massa dikali gaya grafitasi. Jadi 0.2 kilogram dikali 9,8 m/s hasilnya 1,952 N. Berat apel tadi 1,952 N. 

Gravitasi semakin lemah manakala anda semakin jauh  dari permukaan bumi . Seperti kebanyakan  kekuatan/gaya di alam, yang mematuhi hukum kuadrat terbalik . Dua kali lebih jauh dari Bumi , tarikan gravitasi adalah kebalikan  dua persegi , atau seperempat . Jarak tiga kali lebih besar berarti kebalikan tiga kuadrat , sehingga tarikan gravitasinya adalah sepersembilan.

Isaac Newton , memulai dengan percobaan pada tahun 1667 , dan merupakan yang pertama  mendapatkan rumus matematika pada gravitasi . Isaac Newton berpikir bahwa gravitasi yang sama  menyebabkan sebuah apel jatuh dari pohon adalah kekuatan yang sama yang membuat bulan ” jatuh ” di sekitar Bumi .

Albert Einstein , pada awal abad kedua puluh , mendefinisikan ulang gravitasi sebagai semacam geometri ruang dan waktu . Kehadiran massa menyebabkan kelengkungan ruang-waktu . Jadi objek mengikuti jalan melengkung , dan gerakan mereka di sepanjang jalan ini yang kita sebut ” percepatan . ”

Namun, gravitasi adalah misteri besar . Mengapa dua benda di alam semesta harus menarik satu sama lain ?

Salah satu tujuan dari ilmu pengetahuan saat ini adalah untuk menggabungkan beberapa gaya , yaitu gravitasi , elektromagnetik , dan dua kekuatan nuklir , menjadi sebuah teori terpadu tunggal yang menjawab pertanyaan tersebut . Untuk saat ini , penjelasan paling sederhana dan terbaik mengapa Bumi memiliki gravitasi adalah bahwa Bumi memiliki massa dan gravitasi adalah properti dari massa .

Wah pembahasan yang  berat ya guys…atau ber massa ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s