11 Tradisi dan Sopan Santun Unik dari Berbagai Negara

Amazing culture kebudayaan

Budaya yang berbeda memiliki tradisi dan norma kesopanan yang berbeda. Apa yang terkesan sopan di satu tempat mungkin saja dapat menyinggung perasaan orang lain. Ketika orang-orang dari berbagai budaya bertemu dan berinteraksi satu sama lain, kemungkinan banyak terdapat ruang untuk terjadinya kesalahpahaman.

Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan sedikit riset sebelum Anda melakukan perjalanan ke temapt dengan kebudayaan dan tradisi yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh norma kesopanan dari berbagai negara, mari kita simak :

A. Di beberapa negara Afrika, melihat ke bawah saat berbicara dengan seseorang yang berasal
dari status sosial yang lebih tinggi dianggap menunjukkan sikap hormat. Sedangkan di tempat lain, hal ini dipandang sebagai tanda ketidakjujuran atau adanya rasa malu.

B. Jika Anda menganggukan kepala Anda di Yunani atau Bulgaria, hal tersebut berarti “tidak”, dan menggelengkan kepala  berarti “iya”. Beberapa negara lain yang memiliki makna terbalik antara mengangguk dan menggelengkan kepala, ialah :  Iran, Lebanon, Suriah, Turki, Mesir, Bulgaria, Albania, dan Sisilia, satu anggukan kepala (tidak sampai ke bawah) mengindikasikan “tidak”. Maka dari itu, jangan sampai mengatakan “iya” saat Anda bermaksud “tidak”. Serta bersuara banyak klik, seperti: “ckckckckc” sangatlah menyinggung di Bulgaria.

C. Alih-alih menunjukan pandangan yang tidak begitu senang terhadap seseorang yang bersendawa setelah makan, beberapa budaya melihat bersendawa dengan suara besar merupakan pujian atas makanan tersebut. Di Kanada misalnya, masyarakat Inuit menafsirkan sebuah sendawa sebagai : Terima kasih, makananmu sangatlah enak.

Cute gift hadiah lucu

D. Sopan santun seputar pemberian dan penerimaan hadiah berbeda antar budaya. Di banyak tempat, dianggap tidak sopan manakala menerima undangan dan kemudian datang dengan tangan hampa. Saat menerima hadiah di Jepang dan Kolombia, dianggap tidak sopan untuk membuka hadiah di depan si pemberi.

E. Di beberapa bagian dunia, orang-orang dapat tersinggung jika penerima hadiah tidak membuka hadiah tersebut di depan mereka (terbalik dari Jepang dan Kolombia). Jadi, jika Anda seseorang asing di negara atau daerah asing, periksalah kebiasaan setempat sebelum Anda berinteraksi dengan masyarakat disana.

Selanjutnya ==> indonesia

Light Next

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s