Makluk Laut Apakah yang Terpanjang di Dunia?

sifonofora-praya-dubia

Beberapa makhluk di dalam lautan, menyimpan beberapa misteri karena area laut dalam sendiri belumlah tereksplorasi secara maksimal. Disamping membutuhkan peralatan khusus yang mampu menahan tekanan air juga membutuhkan banyak biaya. Dari beberapa makhluk laut, para ilmuwan telah mencatat hewan laut yang terpanjang di dunia. Ini dia :

Siphonophores atau siphonophorae merupakan makhluk yang memiliki ciri-ciri seperti ubur-ubur. Namun sejatinya merupakan hewan yang berbeda dengan ubur-ubur.

Dan walaupun terlihat seperti organisme tunggal sebenarnya Siphonophores atau sifonofora merupakan sebuah koloni dari banyak individu atau biasa disebut dengan super-organisme, yaitu, setiap bagian dari tubuhnya adalah berbeda-beda, organisme yang sangat khusus dalam dirinya sendiri, menyesuaikan anatomis untuk memenuhi fungsi tertentu (misalnya, mengambang, menyengat, makan atau bereproduksi). Salah satu spesies siphonophore, yaitu Praya Dubia dengan ukuran berkisar antara 30-50 meter, dianggap oleh para peneliti sebagai makhluk laut terpanjang di dunia.

Salah satu jenis spesies sifonofora yang paling berbahaya ialah Portuguese man o’ war (Physalia physalis), yang dilaporkan telah memakan banyak korban, karena makhluk yang juga seperti ubur-ubur ini memiliki tentakel yang berukuran sangat panjang dan dilenkapi dengan sengatan yang sangat menyakitkan. Sebutan lain dari sifonofora ialah medusa, karena bentuknya yang sekilas menyerupai kepala medusa yang berambutkan banyak ular.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s