Kebudayaan Pemburu dan Pengumpul

Pemburu Pemanah

Secara sepintas, kebudayaan ini tampak sangat sederhana, tetapi hal tersebut  masih cukup kompleks, hingga saat ini pun masih ada beberapa kelompok-kelompok masyarakat adat di seluruh dunia yang hidup dengan cara  ini. Pertama dan yang paling utama, hal tersebut didasarkan pada unit keluarga yang sederhana, yang kemudian berkembang menjadi hubungan kekerabatan antara keluarga. Ikatan kekerabatan akhirnya dikombinasikan untuk membuat grup yang terhubung menjadi lebih besar yang disebut dengan klan.

Klan menjadi saling berhubungan dan berkembang menjadi suku-suku. Suku-suku ada melalui berburu dan mengumpulkan hasil makanan serta dalam proses menciptakan organisasi sosial dan politik yang canggih yang mencakup pemimpin politik (pemimpin) dan tokoh agama (pendeta).Ada juga pembagian kerja berdasarkan gender dalam budaya pemburu-pengumpul. Pria mendominasi perburuan, perang, dan tenaga kerja berat karena kekuatan alami pada tubuh bagian atas mereka. Perempuan menjadi pengumpul dan penyiap makanan, dan juga merawat anak-anak suku.

Lukisan Gua Mesolitik

Suku-suku pada kebudayaan pemburu-pengumpul mengembangkan agama dengan menciptakan dan menyembah banyak dewa yang berbeda-beda, biasanya berkaitan dengan kekuatan alam atau hal-hal karangan. Mereka mempraktekkan berbagai ritual termasuk, pada Zaman Mesolitikum yaitu, pengorbanan kepada para dewa-dewa, mungkin termasuk pengorbanan manusia.

Seperti yang telah disebutkan, mereka percaya terhadap beberapa jenis kehidupan setelah kematian pada awal 100.000 tahun yang lalu, dan mengembangkan praktek pemakaman bagi orang yang telah mati. Ekspresi artistik  juga telah diusulkan sebagai hasil dari keagamaan, bersama dengan seni lukisan gua yang dibuat pada 32.000 tahun yang lalu dan alat musik dalam bentuk seruling yang diperkirakan telah ada 30.000 tahun yang lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s