Mengenal Zebra Si Kuda Belang dari Afrika

Zebra adalah anggota keluarga kuda. Ada tiga spesiesnya -zebra umum, zebra Grevy, dan zebra gunung. Mereka biasanya tinggal dalam kawanannya di padang pasir dan savana Afrika timur dan selatan.

Zebra

Zebra memiliki belang atau garis putih dan hitam atau coklat gelap. Masing-masing dari tiga spesies zebra memiliki pola garis yang khas. Selain itu, seperti sidik jari manusia, garis-garis pada zebra tidak sama dengan zebra lain. Garis-garis itu dianggap memberikan kamuflase, terutama pada malam hari dan dalam cahaya redup. Garis-garis itu juga dapat mempersulit predator (hewan pemburu) untuk memangsa seekor zebra dari kawanan.

Zebra pada umumnya memakan rumput. Mereka juga bisa memakan kulit kayu, daun, kuncup, buah-buahan, dan akar. Seekor zebra bisa menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan.

Predator utama zebra meliputi singa, hyena, macan tutul, dan cheetah. Zebra melindungi diri dari predator dengan selalu berada bersama-sama dalam kawanan. Setidaknya satu anggota kawanan tetap waspada terhadap bahaya setiap saat. Telinga zebra yang besar berputar untuk mencari suara, dan penglihatannya di malam hari sama baiknya sebagai burung hantu.

Jika diserang, zebra biasanya mencoba untuk melarikan diri. Zebra dapat berlari dengan kecepatan hingga 40 mil (65 kilometer) per jam. Zebra dapat hidup sampai 22 tahun di alam liar.

Satu kawanan zebra biasanya terdiri atas zebra berbagai ukuran dari beberapa ekor hingga beberapa ratus ekor. Kebanyakan kawanan mencakup kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas seekor pejantan, beberapa betina, dan anak-anak mereka. Pejantan muda sering membentuk kawanan tanpa betina.

Meskipun zebra jarang bertarung, kompetisi di antara pejantan untuk mendapatkan betina tertentu selama musim pasangan bisa terjadi secara intens dengan mendorong, menggigit, dan menendang. Betina menjadi dewasa serta mampu berkembang biak pada usia tiga tahun dan dapat mereproduksi di sepanjang hidup mereka. Sedangkan kebanyakan pejantan mulai bereproduksi pada usia sekitar lima tahun.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s