Apa Saja Predator Panda Raksasa?

Panda raksasa adalah spesies beruang yang hidup di Asia. Beruang panda terkenal dengan tubuhnya yang hitam dan putih, yang meliputi mata dan telinga hitam dengan wajah putih. Panda raksasa memakan bambu, yang juga merupakan tanaman asli Asia, dan biasanya melahirkan 1-2 ekor bayi per kehamilan. Panda merupakan spesies yang terancam punah karena predator alami dan pemburu yang membunuh raksasa tenang ini.

PandaManusia

Salah satu predator utama panda raksasa adalah manusia. Pemburu telah menurunkan jumlah hewan ini, menjual cakar dan bulunya di pasar gelap dunia. Karena panda hanya menghasilkan satu atau dua anak per kehamilan, meningkatkan populasi mereka membutuhkan usaha keras dan stabil yang dilakukan oleh ahli zoologi di mana-mana. Perambahan lahan oleh pembangun dan penebang juga telah menurunkan jumlah panda. Ketika hutan hujan dan padang rumput menghilang, makanan panda, tanaman bambu, juga akan sirna.

Macan tutul

Macan tutul ditemukan di banyak wilayah di dunia, termasuk hutan hujan dan lahan rumput Asia. Macan tutul terutama akan memburu mangsa berukuran rata-rata, seperti rusa, tetapi mereka juga diketahui memburu anak panda. Macan tutul salju Asia, yang berinteraksi dengan panda raksasa, juga merupakan spesies yang terancam punah.

Anjing

Anjing liar dan peliharaan bisa saja menyerang anak panda. Anjing liar bisa mendatangi seekor anak panda, dan karena ibu panda hanya mengasuh satu anak panda, maka anak kedua kemungkinan akan menjadi korban anjing. Ibu panda tidak akan melawan kawanan anjing jika terlalu besar, sehingga mungkin kehilangan kedua anaknya. Demikian juga, ketika petani merambah habitat alami panda raksasa, anjing mereka yang dijinakkan mungkin akan menyerang panda atau anak panda dalam perebutan dominasi teritorial.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s