Mengenal Cacing Pita dan Infeksinya

Ada banyak jenis cacing pipih, yang disebut cacing pita, yang dapat hidup di usus manusia. Semua cacing pita terdiri atas kepala, yang mengaitkan dirinya pada dinding usus, diikuti oleh rantai segmen, atau bagian tubuh. Setiap segmen adalah unit terpisah, mampu membuat telur cacing pita. Segmen baru tumbuh dari kepala, dan segmen tua akan terlepas dari ujung, pecah, dan melepaskan telur.

Cacing pitaAda empat jenis cacing pita yang ditemukan di Amerika Serikat. Salah satunya adalah cacing pita babi. Cacing pita dalam sapi agak panjang dan menginfeksi lebih banyak orang. Cacing pita pada ikan biasanya ditemukan dalam ikan dari wilayah Danau Besar. Cacing pita kerdil ditularkan di antara orang dan merupakan sumber yang paling umum dari infeksi.

Cara terbaik untuk mencegah infeksi cacing pita adalah dengan membuang kotoran manusia secara benar. Strategi terbaik berikutnya adalah dengan benar-benar memasak atau membekukan semua daging dan ikan sebelum dimakan. Penanganan makanan yang tepat akan membunuh larva cacing pita yang masih hidup.

Cacing pita biasanya tidak membuat orang sangat sakit. Kadang-kadang orang yang memiliki cacing pita hanya akan merasa lapar, menimbulkan ketidaknyamanan. Seseorang mungkin saja terinfeksi cacing pita dalam jangka waktu yang lama dan tidak sadar akan hal itu. Kehadiran cacing pita dalam tubuh hanya dapat diketahui ketika beberapa segmen cacing keluar dari tubuh. Sejumlah obat-obatan biasanya diberikan oleh dokter untuk membunuh cacing pita.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s