Karakteristik Jaguar Kucing Terbesar Ketiga di Dunia

Jaguar adalah kucing terbesar ketiga di dunia dan terbesar di Amerika. Anggota langka dan eksotis dari keluarga Felidae ini ditemukan dari Meksiko utara sampai ke Argentina utara. Mereka kadang-kadang terlihat di Arizona selatan dan New Mexico. Jaguar mendiami padang rumput, hutan hujan, dan rawa-rawa.

JaguarJaguar memainkan peran penting dalam mitologi beberapa masyarakat kuno di dunia. Misalnya, suku Maya percaya bahwa matahari berubah menjadi jaguar di malam hari. Kemudian muncullah istilah Jaguar God of the Underworld.

Jaguar memiliki kepala besar dengan rahang kuat. Tubuh berotot mereka panjangnya sekitar 6 kaki (2 meter). Sedangkan ekor mereka panjangnya bisa mencapai sekitar 30 inci (76 cm). Mereka dapat memiliki bobot hingga 250 pound (113 kilogram). Jaguar betina cenderung agak lebih kecil daripada jaguar jantan.

Ciri yang paling khas dari jaguar adalah lapisan bulunya. Bulunya berwarna coklat atau emas kekuningan dengan bintik-bintik atau bercak-bercak hitam. Pada tubuh kucing besar ini, bercak-bercak tersebut berbentuk lingkaran yang disebut roset (rose: mawar, artinya berbentuk mawar). Biasanya ada beberapa bintik yang lebih kecil dalam setiap roset. Beberapa jaguar hampir sepenuhnya hitam.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s