Apa itu Geografi?

sejarah-geografi

Sejak awal kehadiran manusia di Bumi , manusia telah berusaha untuk memahami lingkungan mereka. Kelangsungan hidup tergantung pada pemahaman perilaku gunung berapi, siklus banjir dari sungai , atau waktu optimal untuk menyeberang melewati gunung dan manusia mengembangkan cara untuk merekam dan menyampaikan informasi tersebut. Ketika mereka berkelana dari tempat asal mereka, lewat darat dan laut, orang-orang memperoleh perspektif yang lebih luas dari proses bumi dan pola serta dampak pemukiman manusia di seluruh dunia.                               

Budaya kuno seperti Mesir , Fenisia , dan Cina mengumpulkan pemahaman geografis , tetapi hanya sedikit dari catatan-catatan yang bertahan hingga saat ini, sehingga orang-orang Yunani telah menjadi sumber utama pengetahuan awal saat ini . Kisah Homer, The Iliad dan Odyssey , yang ditulis pada abad kesembilan SM , menggambarkan orang-orang Yunani sebagai pengembara yang pemberani dan pengamat yang cermat daratan-daratan yang jauh. Mereka juga unggul dalam penyelidikan ilmiah. Aristoteles misalnya, berusaha untuk menentukan ukuran dan sifat bumi pada abad keempat SM

Pengetahuan geografi maju pesat selama masa kejayaan eksplorasi oleh penjelajah Eropa dan penjelajah Asia pada abad ke-15 , 16, dan abad ke-17. Pemetaan, survei, dan mengumpulkan spesimen menjadi  kegiatan umum pada setiap perjalanan.

Pada abad ke-21 , beberapa klik pada komputer dapat memunculkan gambar foto atau peta informasi yang memberikan banyak pengetahuan tentang  permukaan bumi. Kita harus bersyukur karena diberikan kemampuan untuk mendapatkan petunjuk arah ke hampir di mana saja kita harus pergi, tanpa kita perlu untuk merencanakan arah perjalanan pada peta.

Ilmu pengetahuan modern dan pengumpulan informasi telah memberikan geografer wawasan yang lebih daripada sebelumnya, dan teknologi modern memungkinkan untuk dibagikan di seluruh dunia, tapi bagi banyak orang fakta dan istilah tersebut kekurangan konteks. Pemahaman tentang geografi, baik fisik dan budaya, menyediakan konteks tesebut, yang semakin diperlukan dan semakin penting, karena interaksi global dan tanggung jawab bersama untuk masa depan bumi lah yang menghubungkan kita semua.

 lampukecil-29Geografi : Dari bahasa Yunani, Geo yang berarti bumi, dan Graphic yang berarti menulis sesuatu atau menggambarkan. Merupakan studi sistematik  mengenai fisik bumi dan populasi manusianya- dimana sesuatu dan bagaimana bisa berada disana. Studi dasarnya terbagi menjadi dua area utama yaitu: Geografi fisik dan Geografi manusia.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s