Sejarah Ilmu Biologi Hingga Masa Renaisans

Biologi pertama kali muncul sebagai ilmu pengetahuan pada zaman keemasan kebudayaan Yunani, dimulai pada abad 5 SM. Tidak mengherankan, makhluk pertama yang menjadi subjek studi adalah manusia. Dokter Yunani Hippocrates (460-370 SM) menjelaskan banyak proses dan kondisi tubuh secara rinci. Dia menulis dari suara darah yang mengalir melalui arteri, dan suara-suara di dalam dada yang menandakan infeksi paru-paru. Pengetahuannya menjadi kunci untuk perubahan dari mistisisme ke ilmu pasti.

MikrobiologiBanyak yang menganggap ilmuwan penting Yunani lainnya, Aristoteles (384-322 SM), sebagai bapak biologi. Aristoteles adalah orang pertama yang secara akurat menggambarkan dan mengklasifikasikan banyak tanaman dan hewan yang ditemuinya. Pengamatan Aristoteles yang paling penting adalah tentang bagaimana makhluk hidup bereproduksi. Ide-idenya untuk mengklasifikasikan tumbuhan dan hewan sesuai dengan karakteristiknya juga berpengaruh.

Pada zaman keemasan setelahnya, ilmuwan Yunani, Arab, dan Yahudi mendominasi studi biologi. Mereka berfokus terutama pada bidang yang sangat praktis, yakni pertanian dan obat-obatan. Dimulai sekitar tahun 1300, Renaisans Eropa membawa minat baru terhadap keindahan dan kompleksitas alam. Para naturalis menjelaskan dan mengkatalog ratusan tumbuhan dan hewan yang belum pernah dipelajari. Para dokter membedah mayat dan bereksperimen dengan pasien dan binatang untuk mempelajari bagaimana darah beredar dan organ berfungsi.

Penemuan mikroskop di tahun 1600-an membuka dunia baru untuk eksplorasi. Pada tahun 1665, ilmuwan Inggris Robert Hooke menerbitkan Micrographia. Dia mengisi buku itu dengan gambar rinci dari banyak makhluk yang ia pelajari menggunakan mikroskop. Yang terpenting, Micrographia mencakup penyebutan pertama dari struktur yang sangat penting yang oleh Hooke disebut sel. Di sekitar waktu yang sama, mikroskopis Belanda Anton van Leeuwenhoek menemukan organisme bersel tunggal pertama, berenang di tetes air kolam. Penelitian dan penemuannya semakin membuka dunia mikroskopis untuk para ilmuwan.

Advertisements

One thought on “Sejarah Ilmu Biologi Hingga Masa Renaisans

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s