Ruang Lingkup Geografi

peta-kuno

Geografi saat ini berakar pada lokasi, tetapi melibatkan lebih dari posisi nama-nama tempat pada peta. Hal tersebut mengintegrasikan metode dan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda dan meliputi baik fisik dan ilmu-ilmu sosial. Hal ini menghubungkan semua disiplin ilmu untuk menentukan mengapa hal-hal terjadi di lokasi tertentu atau sesuai dengan pola spasial tertentu.

Geografi fisik menggabungkan geologi, klimatologi, biologi, ekologi, hidrologi, dan ilmu alam lainnya. Geografi manusia termasuk antropologi budaya, ekonomi, ilmu politik, sejarah, demografi, dan ilmu sosial lainnya.

Kartografi, yang mana adalah seni dan ilmu pembuatan peta memberikan representasi grafis dari pengaturan geografis. Geografer juga menggunakan alat-alat lain dalam pengumpulan data mereka, analisis, dan alat-alat representasi termasuk statistik, foto, gambar jarak jauh yang ditangkap (seperti foto satelit), dan grafis yang dihasilkan oleh komputer.

 Artikel Menarik Lainnya :

lampukecil-15

Tahukah anda, karena mempercayai konsep Ptolomeus mengenai keadaan bumi, Colombus tidak melakukan perjalanan di luar Karibia.

LampuKecil.com

Advertisements

2 thoughts on “Ruang Lingkup Geografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s