Pemetaan pada Peta Modern

Peta Kuno

Metode  survei ilmiah dan pemetaan berkembang pesat pada abad ke- 17, 18 , dan abad ke-19 , sebagian karena aplikasi matematika yang lebih canggih serta cermat , dan juga survei komprehensif terhadap area yang luas . Survei pada saat ini  sering menggunakan unsur-unsur informasi penginderaan -jarak jauh untuk mendapatkan informasi tentang suatu obyek atau suatu daerah dari kejauhan .

Melihat kota dari atas sebuah gedung yang tinggi atau mengamati sebuah desa dari puncak gunung yang tinggi adalah bentuk penginderaan jarak jauh . Pembuat peta menggunakan metode yang lebih canggih  untuk mendapatkan hasil yang sama .

Foto udara , digunakan sampai batas tertentu selama Perang Dunia I , menjadi tersebar selama Perang Dunia II sebagai alat penginderaan jarak jauh dalam pembuatan peta . Hal ini mampu mengurangi  kesulitan yang dihadapi para surveyor dan memungkinkan survei yang tepat dari beberapa tempat yang tidak dapat diakses dengan menggunakan jalan darat.

Penginderaan jarak jauh oleh radar, gelombang radio, sonar , dan gelombang suara , menyediakan cara lain untuk merekam fitur permukaan tanah atau dasar laut . Dalam kedua metode , jarak dihitung dari waktu yang dibutuhkan gelombang untuk perjalanan menuju dan dari kembali dari daerah sasaran .

Gambar-gambar  penginderaan jarak jauh berbeda dengan jenis resolusi yang mereka gambarkan. Resolusi spasial mengacu pada seberapa tajam gambar-gambar tersebut. Semakin jauh jarak tersebut biasanya gambar-gambar yang dihasilkan kurang begitu jelas. Resolusi spektral mengacu pada bagian mana dari spektrum cahaya yang mampu  ditangkap dan dapat mencakup panjang gelombang seperti cahaya yang nampak atau cahaya inframerah .

Resolusi temporal mengacu pada kerangka waktu yang diwakili . Teknik ini menggunakan gambar berurutan dari suatu daerah untuk menunjukkan perubahan selama periode waktu tertentu.

lampukecil-14

Untuk lebih memahami bagaimana teknik pemetaan itu, anda bisa melihat artikel mengenai Pemetaan Aerial dan Sonar

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s