Apa Itu Astronomi Radio?

Ketika Anda melihat langit di malam hari yang cerah, Anda dapat melihat bintang-bintang karena mereka memancarkan cahaya yang mencapai mata Anda dengan melintasi jarak yang sangat jauh dari ruang angkasa. Cahaya yang tampak adalah bentuk energi yang disebut radiasi elektromagnetik.

Astronomi RadioSelain cahaya yang tampak, banyak benda di ruang angkasa memancarkan jenis lain dari radiasi elektromagnetik. Beberapa radiasi ini berbentuk gelombang radio. Astronomi radio adalah ilmu yang mempelajari gelombang radio yang dilepaskan oleh benda-benda langit.

Radiasi elektromagnetik mengalir dalam gelombang seperti gelombang air. Setiap gelombang memiliki titik tinggi yang disebut puncak. Jarak dari satu puncak ke puncak berikutnya dalam serangkaian gelombang disebut panjang gelombang. Gelombang cahaya memiliki panjang gelombang yang sangat pendek, yakni sekitar sepersejuta inci. Sebaliknya, panjang gelombang dari gelombang radio dapat mencapai beberapa yard.

Dalam astronomi optikal, para ilmuwan mempelajari benda-benda di ruang angkasa dengan mengumpulkan dan menganalisis cahaya dari benda-benda ini. Mereka menggunakan teleskop optik. Dalam astronomi radio, para ilmuwan mempelajari benda-benda di ruang angkasa dengan mengumpulkan dan menganalisis gelombang radio yang dipancarkan benda-benda ini. Adapun jenis teleskop yang dipergunakan oleh para astronom disebut teleskop radio.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s