Pemetaan Aerial dan Laut

Pemetaan Foto Udara

Wilbur Wright mengambil foto udara yang pertama dari pesawat selama penerbangan diatas Italia pada tahun 1909. Pada tahun 1918, selama Perang Dunia I, unit udara Perancis mengambil 10.000 foto udara setiap harinya, sebagian besar untuk interpretasi. The British Expeditionary Force di Mesir bereksperimen dengan menggunakan foto udara untuk mempersiapkan peta. Pada abad pertengahan, fotografer udara dan kartografer mempersiapkan topografi cakupan peta dasar untuk sebagian besar dunia.

Pengukuran diambil langsung dari foto-foto, yang menjadi pengganti untuk survei darat yang membutuhkan banyak biaya  dan memakan waktu yang lama. Kemudian, dengan dikenalkanlah perangkat penginderaan melampaui jangkauan penglihatan film normal , sejak sat itu berbagai jenis peta baru mulai diproduksi.

Fotogrametri adalah ilmu yang melakukan pengukuran dari foto. Output dari fotogrametri biasanya berupa peta, gambar, pengukuran, atau model 3D dari beberapa objek di dunia nyata atau pemandangan. Banyak peta yang kita gunakan saat ini diciptakan dengan fotogrametri dan foto yang diambil dari pesawat.

Sistem Kerja Sonar

Pemetaan Laut

Sonar memainkan peran utama dalam survei dasar laut untuk melakukan pengukuran pada kedalaman dan bentuk fitur di dasar laut. Sonar didasarkan pada prinsip gema: yaitu gelombang suara yang memantul ke dasar laut dan kembali, dengan perhitungan jarak ditentukan oleh banyaknya waktu yang dibutuhkan saat proses tersebut terjadi.

Dalam alat pemancar sonar , sumber dan penerima suara  dibangun di dalam lambung kapal, dan sistem sonar meneliti wilayah yang luas  sepanjang kapal bergerak. singkatnya sonar merupakan gelombang yang dilepaskan kapal menuju dasar laut , memantul kembali dan ditangkap oleh sensor penerima pada kapal.

lampukecil-1

Pada dasar laut yang terdalam, sonar hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 detik untuk kembali ke permukaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s