Mega Tsunami, Gelombang Tsunami Tertinggi di Dunia

Lituya-Bay-tsunami1 Pernahkah anda bertanya-tanya, seberapa tinggikah gelombang tsunami yang pernah terjadi dalam kurun waktu setahun terakhir? di Lituya Bay terjadi mega tsunami pada tanggal 9 Juli  1958. Sebelum mega tsunami menghantam Lituya Bay, terjadi goncangan gempa bumi dengan 8.3 skala richter  yang menyebabkan longsornya 30 juta meter kubik batu dan es secara tiba-tiba ke dalam lekukan garis pantai di Lituya Bay.

Tsunami yang terjadi sangatlah parah dan sangat tinggi, bisa anda lihat pada gambar di atas sehingga di kategorikan sebagai mega tsunami. Gelombang air dengan jumlah besar menghantam area Lituya Bay sehingga menyapu area hingga mencapai ketinggian 524 meter jika di ukur dari ketinggian Lituya Bay. Mega tsunami sendiri ialah pengambaran tsunami yang memiliki ketinggian yang berbeda dari ketinggian tsunami pada umumnya. Jika tsunami pada umumnya terjadi karena aktivitas tektonik, naiknya-turunnya lapisan tanah dalam laut, tetapi lain halnya dengan mega tsunami yang biasanya di sebabkan oleh erupsi, longsor, dan benturan lapisan tanah.

Dan dalam kasus Lituya Bay, mega tsunami terjadi karena 30 juta material secara tiba-tiba longsor menuju air. Mengingat area disekitar Lituya Bay di kelilingi oleh pegunungan es. Kejadian ini membuat para peneliti mereview kembali dampak longsor terhadap kemungkinan terjadinya mega tsunami.

Megatsunami merupakan sebuah kategori tsunami yang di ukur berdasarkan ketinggian gelombangnya yang di ukur dengan nilai  ratusan, bahkan ribuan meter tingginya. Meskipun Tsunami di Aceh yang pernah terjadi masih belum termasuk Megatsunami (berdasarkan tinggi gelombangnya), namun tsunami yang terjadi termasuk dalam bencana tsunami dengan korban jiwa terbesar di dunia dengan 250.000-an korban jiwa secara keseluruhan.

Megatsunami memang sangat jarang terjadi jika di bandingkan tsunami pada umumnya, bahkan yang tercatat pun tidaklah banyak. Namun demikian Megatsunami memiliki potensi penghancuran total manakala terjadi, misalnya ialah: tenggelamnya sebuah pulau secara total, dampak kerusakan yang luar biasa, korban jiwa yang tidak bisa di bayangkan jumlahnya, serta menghilangnya kehidupan di area yang terkena Megatsunami.

mega-tsunami

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

2 thoughts on “Mega Tsunami, Gelombang Tsunami Tertinggi di Dunia

    1. Little Light Post author

      Banyak kategori Tsunami, mulai dari yang dampak terbesar dan lain-lain. Mega tsunami merupakan tsunami yang di ukur dengan ketinggian gelombangnya. Contoh Megatsunami lainnya ialah saat asteroid menghantam samudra di masa pre histori dan menyisakan bekas berupa kawah kuno Chicxulub crater di Yucatan sekitar 66 juta tahun lalu, Tsunami yang di sebabkan berkisar 5 kilometer tingginya.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s