Mengapa Kita Menangis ? …

air mata

Kita semua pasti pernah menangis bukan, tidak peduli seberapa kuat kita, pasti pernah menangis. Sebenarnya menangis itu baik. Menangis dapat membersihkan dan melumasi mata. Saat kebanyakan hewan-hewan memiliki sistem untuk menjaga mata mereka tetap lembab, kita manusia merupakan satu-satunya mamalia yang menangis dengan  air mata emosional, yang dipicu oleh sebuah bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk perasaan sedih. Hal melankolis ini kemudian mengirimkan sinyal menuju sistem endokrin untuk melepaskan hormon disekitar mata yang menyebabkan kita mengeluarkan air mata.

Emosi yang kuat bisa berasal dari perasaan sangat senang ataupun sangat sedih, menahan rasa sakit atau dalam keadaan stress yang menumpuk. Emosi-emosi ini bisa saja terjadi saat kita kehilangan seseorang yang kita cintai, mengalami kegagalan yang pahit, film yang memancing kita untuk bercucuran air mata, ataupun kesenangan yang luar biasa yang memuncak. Sebagai tambahan selain air mata emosional, ada air mata yang disebabkan karena adanya iritasi. Jika sesuatu mengenai mata kita, seperti debu atau rontokan kecil, mengeluarkan air mata dapat membersihkan benda tersebut keluar dari mata.

Mata merupakan salah satu anugrah terbaik yang Tuhan berikan kepada kita, maka kita sebaiknya memahami dasar-dasar bagaimana penglihatan itu bekerja dan bagaimana menjaga agar mata kita selalu dalam kondisi yang baik.

menangisKelenjar air mata atau kelenjar lakrimal terletak di bawah kelopak mata bagian atas. Air mata mengalir melalui saluran kecil yang mengeluarkan air mata menuju bola mata,  proses ini biasa disebut dengan lakrimasi. Air mata membentuk lapisan yang melapisi mata dengan tiga lapisan yang berbeda. Lapisan paling dalam, yang menyelimuti bola,  mata terbuat dari protein yang disebut mucin. Lapisan ini dikeluarkan oleh konjungtiva, melapisi kornea dan mengijinkan kegiatan distribusi dari lapisan berikutnya, yang mana ini merupakan lapisan yang encer, terbuat dari air dan protein. Dan lapisan paling luar mengandung minyak yang mencegah penguapan lapisan-lapisan lainnya. Setiap kita mengedipkan mata, lapisan air mata disebarkan keseluruh mata untuk menjaga agar tetap lembab dan terbebas dari debu ataupun benda-benda kecil yang menyebabkan iritasi. Kompleks bukan, untuk sebuah air mata yang sering kita jumpai. Siapa bilang air mata cuma terdiri dari air doang hehehehe.

Saat kita menangis pandangan kita menjadi kabur, karena cahaya harus melalui semua lapisan tersebut untuk menuju retina mata. Air mata kita mengubah cahaya yang  kita lihat.

Ahli kesehatan mengungkapkan menangis sangat penting untuk kesehatan dan mental. Semakin mudah menangis sangat baik untuk jasmani dan pikiran. So kalau kita menangis, jangan malu ya, soalnya menangis itu baik buat diri kita ^_^

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s