Bagaimana Kita Kok Bisa Cegukan?

cegukan-cuteKebanyakan orang lebih tertarik pada bagaimana cara untuk menghentikan cegukan ^_^  Cegukan adalah gerakan yang tidak disengaja, atau kejang pada diafragma diikuti dengan penutupan cepat dari pita suara.

Kejang adalah sentakan otot yang tiba-tiba. Diafragma adalah otot yang  tipis berbentuk kubah pada bagian bawah dada. Diafragma memisahkan organ di dada (jantung dan paru-paru) dari organ-organ di perut (lambung, hati, limpa, pankreas, kandung empedu, dan usus). Ketika seseorang menghirup nafas, hal itu karena diafragma menarik ke bawah untuk membantu menarik udara ke paru-paru. Ketika seseorang mengembuskan napas, hal itu karena diafragma mendorong untuk membantu mendorong udara keluar dari paru-paru. Otot-otot interkostal, yang terletak di antara tulang rusuk dan memiliki peran yang kecil dalam bernapas, juga terkena dampak dari cegukan. Otot-otot ini membantu kita bernapas, berbicara, bernyanyi, dan batuk.

Ketika diafragma menjadi teriritasi, ia bertingkah diluar wajarnya. Diafragma menarik ke bawah dengan cara menyentak, mengisap udara ke tenggorokan secara tiba-tiba. Ketika itu udara bergegas menyentuh kotak suara, membuat suara yang kita kenal sebagai cegukan. Penyebabnya berbeda untuk setiap orang. Tapi satu hal yang umum untuk semua kasus cegukan: iritasi diafragma. Cegukan bisa disebabkan oleh makan yang terlalu banyak atau terlalu cepat. Minum minuman yang sangat panas atau sangat dingin juga dapat membawa pada cegukan.

cara-cegukanPenyebab lainnya adalah mandi dengan air dingin, memasuki atau meninggalkan kamar yang panas atau dingin, atau kegembiraan yang tiba-tiba atau stres. Makan makanan pedas, minum alkohol, bernapas tiba-tiba, bersin, tertawa, dan batuk semua dapat menyebabkan cegukan. Kadang-kadang penyebabnya tidak jelas, sangat sering, cegukan dimulai tanpa alasan yang jelas. Kadang-kadang ketika seorang wanita sedang hamil, janin bahkan cegukan di dalam kandungan ^_^

Cegukan bukanlah masalah yang serius, mereka hanya gangguan. cegukan biasanya pergi dengan sendirinya dalam beberapa menit. Seperti halnya ada banyak penyebab, ada banyak pula metode yang digunakan orang untuk menghentikan cegukan. Obat yang  favorit adalah minum segelas air. Metode lain yang populer adalah meregangkan diafragma dengan menahan nafas sambil mengangkat tangan. Apa pun yang mendorong penumpukan karbondioksida dalam darah akan menghentikan cegukan.

Pengalihan, seperti mengatakan alfabet secara terbalik atau berkonsentrasi pada lukisan, tampaknya berhasil untuk beberapa orang. Setengah sendok teh gula kering atau madu mungkin berhasil juga. Jika saraf vagus yang berjalan dari otak ke perut terstimulasi, cegukan bisa dikurangi. Seseorang yang menakut-nakuti Anda atau mengejutkan Anda mungkin juga bisa menghentikan cegukan. Sebuah tarikan pada lidah berhasil menghentikan cegukan bagi beberapa orang.

lampukecil-26Anak-anak cenderung untuk “tumbuh melewati” dari mengalami cegukan pada akhir masa remaja . Sementara kebanyakan orang mengalami cegukan dari waktu ke waktu, frekuensi cegukan menurun sejalan dengan usia dan kedewasaan. Dalam kasus ekstrim, seseorang mungkin harus pergi ke dokter. Dokter dapat menghentikan cegukan dengan memberikan relaksan otot, obat penenang, atau obat anti kejang.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s