Mengapa Menghirup Helium Bikin Suara Kita Cempreng?

menghirup-helium

Suara yang dihasilkan ketika udara digerakkan oleh pita suara kita yang bergetar . Intonasi, nada , atau frekuensi (semua hal yang sama) dari suara kita bergantung pada beberapa faktor. Seseorang dengan suara bass memiliki panjang pita suara dan nada yang lebih rendah. Seseorang dengan suara sopran memiliki pita suara pendek dan nada yang lebih tinggi. Faktor lain adalah konfigurasi anatomi yang terlibat saat kita memproduksi suara.

Namun faktor lainnnya adalah gas yang kita hirup , biasanya campuran oksigen dan nitrogen . Jadi cara kita bersuara ditentukan oleh sejumlah faktor : ukuran, bentuk laring kita , trakea , mulut , dan hidung , panjang pita suara kita, dan kepadatan gas yang kita hirup. Helium memiliki seper-tujuh densitas/kepadatan udara . Jadi suara berjalan lebih cepat melalui helium daripada saat dilakukan melalui udara biasa. Faktanya, suara bergerak sekitar 1.100 meter per detik melalui udara tetapi bergerak sekitar 3.000 meter per detik melalui helium.

Tingkat getaran pita suara tidak tergantung pada jenis gas yang mengelilingi mereka. Helium tidak membuat pita suara lebih panjang atau lebih pendek ,  helium juga tidak mengubah ketegangan atau peregangan pita suara . Hal tersebut adalah helium kurang padat , yang berfungsi sebagai media untuk gelombang suara , mengalir melalui laring kemudian menghasilkan efek suara Donald Bebek. perubahan frekuensi resonansi dari saluran vokal , menyebabkan getaran lebih cepat dan pitch yang lebih tinggi .

Bernapas  dengan helium dari balon dan menghasilkan suara karakter kartun Donald Bebek telah berlangsung sejak orang-orang mulai meletakkan helium pada saat ulang tahun dan pesta  balon . Sedikit kata peringatan : Pada tahun 1996 , seorang anak yang sehat berumur tiga belas tahun menghirup gas helium langsung dari tangki helium bertekanan. Dia hampir meninggal karena emboli gas otak ketika gelembung masuk ke aliran darah dan berjalanan menuju ke otaknya . Dokter berhasil membawanya ke dalam ruang hiperbarik , jenis ruangan yang digunakan oleh para penyelam bawah laut untuk mendapatkan terapi pemberian oksigen 100% . Anak tersebut beruntung dan bisa menjalani pemulihan yang lengkap.

Pada bulan Februari 2012 , seorang gadis kelas 2 SMP, umur empat belas tahun di Oregon meninggal karena menghirup helium dari tabung bertekanan . Tekanan di dalam tangki mengirimkan gas helium dengan kekuatan yang sedemikian rupa sehingga paru-parunya pecah . Jadi jangan meletakkan mulut Anda pada mulut pipa dari tangki helium ! dan juga , tangki-tangki helium mungkin memiliki partikel-partikel kecil dari logam di dalamnya. Dan jika partikel logam masuk paru-paru Anda , partikel tersebut akan tinggal di sana. Yap, heavy Metal yang berbahaya sekali.

Gas lain , yaitu sulfur heksafluorida ( SF6 ) , sekitar lima kali lebih padat daripada udara dan bisa membuat suara seseorang terdengar jauh lebih rendah.

lampukecil-4

Kepadatan ialah jumlah massa dari sebuah obyek di bagi dengan volumenya. Gas teringan adalah Hidrogen, paling cocok digunakan sebagai bahan balon pengangkat ke udara, namun setelah bencana Hindenburg, penggunaanya dilarang di beberapa negara, karena mudah terbakar tingkat ekstrem, seper-empat belas berat dari udara. Lambang dari helium adalah He, ditemukan pada tahun 1895.

Sumber : NASA, Wikipedia, Jurnal Ilmiah, serta artikel kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s